Tenant

LEMBAGA PENGEMBANGAN INOVASI DAN KEWIRAUSAHAAN (LPIK) ITB
PT SVARA INOVASI INDONESIA
Farid Fadhil Habibi

Gd. Salman ITB, Lt.2, Jl. Gelap Nyawang No.4, Bandung

Informasi Perusahaan

PT Svara Inovasi Indonesia (SVARA) resmi berdiri pada tanggal 9 September 2017, merupakan sebuah startup yang bergerak di bidang penyediaan Audio Digital Platform, yang bertujuan untuk melakukan modernisasi siaran On-Air dan memonetisasi siaran Online di Industri Radio melalui Radio Digital Transformation.

VISI SVARA adalah “Redefine Music Industry and Make Radio Great Again, and Become a Unicorn Startup In 2022”. SVARA tidak hanya ingin menyelamatkan ribuan radio di Indonesia dari Digital Disruption (Spotify, Joox, dll), namun juga puluhan ribu radio di Dunia serta mengajak lebih dari empat milyar pendengarnya untuk kembali mendengarkan radio zaman now via SVARA. Jika dianalogikan SVARA adalah Game Changer yang akan melakukan "Industry Turn Around" di Industri Radio dan Musik.

Dalam melakukan pengembangannya, SVARA selalu mengikuti perkembangan teknologi saat ini atau “State Of The Art. Beberapa teknologi terkini yang telah diterapkan di SVARA adalah penerapan Recommedation System & Machine Learning, Big-Data & Analytic dan Programmatic Audio Advertising (Targetted Iklan Online Audio). Sedangkan Advance Technology yang sedang dikembangkan adalah penerapan Blockchain pada Music, Voice Computing & Deep Learning, dan Implementasi SVARA pada Smart Device seperti Smart Speaker dan Connected Car.

SVARA saat ini juga telah didukung oleh berbagai pihak, diantaranya asosiasi radio PRSSNI (Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia) yang telah menyatakan siap untuk melakukan digital transformation untuk 654 anggotanya, BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif) Republik Indonesia, WAMI (Wahana Musik Indonesia), dan lain lain.

Target SVARA dalam waktu dekat adalah launching Aplikasi SVARA, dan fund-rising untuk mecari pendanaan Series A Round dalam rangka Scale-Up. Aplikasi SVARA sudah dapat diundung di Play Store & App Store, silahkan diunduh, atau buka website SVARA di www.svara.fm.

https://www.youtube.com/watch?v=1wuIdrQGetM&t=21s

“Berhasil meraih juara 2 Swiss Innovation Challenge 2017 (won prize $5000), Berhasil meraih pendanaan riset dari Kemenristekdikti dalam program PPBT 2017 terkait implementasi Blockchain pada Industri Musik di SVARA (won prize around $25.000), dan berhasil menjadi Top 100 Startup dari 14.000 Startup di Dunia dan berangkat ke Turkey pada Startup Istanbul Challenge 2017.”



  • Farid Fadhil Habibi

    Penanggung Jawab

  • Hemat Dwi Nuryanto

    Penanggung Jawab

  • Ana Supriatna

    Penanggung Jawab

  • Muhammad irfan

    Penanggung Jawab