Program Pertamina CoRE ITB Resmi Dibuka: Dukung Mahasiswa Ciptakan Inovasi Bisnis Energi

19 Sep 2023 03:49

Cytra Ria A

Bandung, lpik.itb.ac.id - Berlokasi di Aula Barat Institut Teknologi Bandung (ITB), Senin (18/9), dengan bangga diumumkan pembukaan program Pertamina CoRE ITB yang dirancang untuk memberikan manfaat besar di bidang pendidikan dan inovasi di Indonesia. Program Pertamina CoRE ITB yang merupakan program pendidikan wirausaha inisiasi Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) ITB dan didanai oleh PT. Pertamina (Persero) ini dapat menjadi gagasan baru dalam upaya memajukan pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia dalam sektor energi dan turunannya.

Agenda acara diawali dengan pelaporan penerimaan peserta Pertamina CoRE ITB oleh Dr. Irwan Gumilar, S.T., M.Si selaku Ketua Pelaksana Program, beliau menyatakan untuk program pilot project ITB dan Pertamina tahun ini, setelah melewati masa pendaftaran selama satu bulan, telah dinyatakan diterima sebanyak 306 mahasiswa yang berasal dari 25 perguruan tinggi yang masih di dominasi di area Sumatera dan Jawa. “Ini merupakan potensi, mudah-mudahan tahun depan bisa diadakan kembali dengan jumlah peserta yang lebih banyak dengan cakupan perguruan tinggi yang lebih luas” harapnya. 

Selaras dengan harapan dari Rektor ITB, dalam sambutannya beliau menyampaikan agar Pertamina CoRE ITB dapat memberikan kesempatan bagi ITB untuk membantu membangun ekosistem inovasi dan entrepreneurship juga menghasilkan produk-produk inovatif di bidang energi dan aplikasinya agar memiliki nilai bagi masyarakat Indonesia. Menurutnya persoalan energi yang ada saat ini, menjadi tantangan nyata di mana semua pihak harus ambil bagian. Beliau juga mengapresiasi dukungan yang telah diberikan PT. Pertamina (Persero) untuk mewujudkan kegiatan ini, “Kolaborasi ITB dengan Pertamina adalah contoh nyata bagaimana kolaborasi antara dunia akademik dan bisnis dapat menciptakan peluang dan solusi inovatif”.

Pembukaan Pertamina CoRE ITB dipimpin oleh Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D. bersama dengan Vice President Stakeholder Relations & Management PT. Pertamina (Persero), Rifky Rakhman Yusuf, turut serta mendampingi Ir. R. Sugeng Joko Sarwono, M.T., Ph.D. (Ketua LPIK ITB), Dr. Irwan Gumilar, S.T., M.Si (Sekbid Kewirausahaan dan Inkubasi Bisnis LPIK ITB), dan Probo Prasiddhahayu (Manager Non-Government Relations PT. Pertamina (Persero)). Pada kesempatan ini juga dilakukan seremoni penyerahan kontrak kerjasama antara ITB dan Pertamina terkait program Pertamina CoRE ITB.

Selain seremonial, mata acara lain dalam agenda pembukaan program Pertamina CoRE ITB juga dimeriahkan dengan entrepreneur-talk dan kuliah umum perdana. Talkshow kali ini menghadirkan para panelis dari unicorn startup  Indonesia; Ksatriya Anantayutya (Head of Business Development - eFishery), startup alumni LPIK ITB; Yulian Widodo (CEO & Founder - Khaira Energy); dan perwakilan dosen ITB; Dr. Dina Dellyana yang membahas bagaimana inovator muda dari kalangan mahasiswa mampu untuk membentuk masa depan energi.

Buka Peluang Penciptaan Bisnis di Bidang Energi

Pertamina CoRE ITB merupakan sebuah komprehensif program mulai dari proses pre-inkubasi hingga inkubasi melalui pendekatan problem based learning yang dapat dikonversi sks. Program CoRE (Co-creation Research of Entrepreneurship) sendiri merupakan inisiasi program dari LPIK ITB yang telah berjalan sejak tahun 2022 lalu, program ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat wirausaha kepada mahasiswa di seluruh Indonesia dengan empat sub rangkaian program yang saling berkelanjutan dan berkesinambungan satu sama lain antara lain:

  1. ESC4PE: Entrepreneurship Summer Camp For Problem-Based Learning Education
  2. Business Idea Generation 
  3. Entrepreneurship Development Program
  4. Startup Business Incubation Program

keempat sub program ini masing-masing mendorong dan memfasilitasi mahasiswa agar  dapat menciptakan purwarupa sederhana dan model bisnis di akhir kegiatan dengan memiliki kemampuan untuk berpikir kritis serta memberikan kesempatan bagi mahasiswa menjadi calon wirausahawan dengan mendorong peningkatan pengalaman wirausaha dan kemampuan daya kerja. 

Berkolaborasi dengan Pertamina dan berfokus pada bidang energi dan turunannya, diharapkan startup hasil luaran Pertamina CoRE ITB dapat menjadi pioneer startup andalan di Indonesia.