Startup LPIK ITB, Nasho dan Karla Bionics, Dapat Penghargaan di Ajang Kompetisi Bisnis LPDP 5ME2045

26 Aug 2023 19:11

Cytra Ria A

Bandung, lpik.itb.ac.id - 5ME2045, akronim dari Five Million Entrepreneurs (hingga tahun) 2045, merupakan nama dari program kompetisi bisnis yang dihadirkan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Sejak resmi meluncurkan pembukaan kegiatan 5ME2045: LPDP Business Competition pada Mei lalu, dan setelah melewati berbagai rangkaian seleksi ketat dari tingkat wilayah hingga nasional, kini agenda kegiatan tersebut menuju Grand Final.

Berlangsung di Mall Kota Kasablanka (3/8) dalam acara LPDP Festival 2023, puncak acara 5ME2045: LPDP Business Competition dilaksanakan. Pada kegiatan puncaknya, masing-masing finalis dari beberapa kategori lomba mempresentasikan bisnis mereka di depan pada juri.

Terdapat dua kategori bisnis yang diadakan dalam LPDP Business Competition 2023 tersebut, yaitu Business Initiation Plan dan Business Growth Plan. Kategori Business Initiation Plan diperuntukkan untuk pengusaha yang miliki ide atau rencana bisnis dan sudah menjalankannya maksimal selama dua tahun.

Sedangkan Business Growth Plan diperuntukkan untuk pengusaha yang bidang usahanya sudah berjalan lebih dari dua tahun dan memiliki potensi untuk berkembang lebih besar. Masing-masing kategori memiliki klasifikasi peserta yang berbeda, yakni segmentasi untuk peserta Awardee & Alumni LPDP, Mahasiswa & Umum, juga SMA & sederajat.

Tanpa terkecuali, startup binaan LPIK turut ambil bagian mengikuti kompetisi ini. Hingga acara puncak Grand Final, terpantau dua startup LPIK, alumni dan dalam inkubasi, berhasil diberikan penghargaan. Masing-masing adalah Nasho yang meraih juara ketiga dalam kategori Business Growth Plan klasifikasi peserta Mahasiswa & Umum, dan Karla Bionics sebagai presenter terbaik.