Bandung Startup Pitching Day Buka Peluang Investasi Lokal dan Internasional bagi Startup Inovatif

14 Jun 2023 21:38

Cytra Ria A

Bandung, lpik.itb.ac.id - Ekosistem pengembangan startup di ITB; The Greater Hub SBM ITB, LPIK ITB, dan LPIT, dengan stakeholder lainnya di Bandung seperti Startup Bandung, Geek Hunter, dan Block71 Bandung, kembali berkolaborasi menyelenggarakan kegiatan biannual Bandung Startup Pitching Day yang pertama di tahun 2023.

Dilaksanakan di Aula Timur ITB pada Rabu, 14 Juni 2023, kegiatan Bandung Startup Pitching Day menjadi wadah pertemuan antara startup inovatif dan potensial dengan para pemodal usaha baik di dalam maupun luar negeri. Berbentuk kompetisi presentasi bisnis, kegiatan ini menghadirkan investor lokal dan internasional langsung sebagai juri untuk menilai startup di beberapa aspek kategori antara lain: inovasi solusi, keterdampakan solusi untuk masyarakat, kelayakan bisnis di pasar, dan cara menyajikan presentasi.

Bandung Startup Pitching Day dibuka oleh Dr. Dina Dellyana selaku Direktur The Greater Hub SBM ITB serta dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua LPIK ITB, Ir. R. Sugeng Joko Sarwono, M.T, Ph.D., Ketua LPIT, Prof. Ir. Taufan Marhaendrajana, M.Sc., Ph.D. dan mewakili dekan SBM ITB, Prof. Tjandra Anggraeni, Ph.D. selaku Plt. Wakil Dekan Bidang Akademik.

Dari 69 startup yang mendaftarkan diri, terpilih 21 startup terbaik yang memiliki bold idea dengan basis teknologi sebagai solusi bagi permasalahan di Indonesia. Diantara para startups terpilih tahun ini beroperasi pada kategori Health-tech, Agro-tech, Management system, IoT, Manufacture, E-commerce, Sosial Media, Finansial, Logistic, Edutech. 

Sementara dari Investor ada 62 yang diundang, terdiri dari Venture Capital (VC) dan angel investor dari dalam dan luar negeri, yaitu 1982 VC, 500 Startups, AC Ventures, Accel Atoms, Agung Ventures, Alpha JWC Ventures, Alpha Momentum Indonesia, Alfred Boediman, ANGIN, Antler, Arise VC, Asian Trust Capital, AsiaPay Capital, Astra Ventures, B Capital, Bayu Syerli, BRI Ventures, C4D Partners, Coffee Ventures, Dream Incubator, East Venture, Endeavor, Enterprise Singapore, Ficus VC, Finch Capital, Future Play, Gayo Capital, Global Founders Capital, Go-Ventures, Gobi Partners, Horizons Ventures, Indigo, Indogen Capital, init 6, Insignia Ventures Partners, Javas Venture, Kejora - SBI Orbit, Kolibra Capital, LX International, MDI Ventures, Meet Ventures, MS&AD Ventures, Northstar, Number Venture Capital, Oorange Unpad, Pegasus Ventures, Prasetia Dwidharma, Provident Growth, PT Zahir Internasional, Real Tech Holdings Singapore, Salim Group, Spiral Ventures, STRIVE, Supernova Ecosystem, Sweef Capital, Telkomsel Corporate Accelerator (Tinc), TMI, UMG Idealab, Venturi Capital Investment, Venturra Discovery, Vertex Ventures, dan Wavemaker Partners.

Pada agenda kali ini, empat dari 21 startup terpilih sebagai pemenang mewakili empat kategori penilaian. Adapun para pemenangnya adalah; detani (The Most Innovative), Mengasihi (The Most Impactful), IPS-Intelligent Planning System (The Most Marketable), dan Thrivty (The Best Pitch).

Bandung Startup Pitching Day

Bandung Startup Pitching Day (BSPD) merupakan agenda biannual yang dilakukan oleh para stakeholder ekosistem startup di Bandung. Biasa dilaksanakan sekitar bulan Juni dan Desember, BSPD bertujuan untuk mengumpulkan startup, expert industri, investor, dan para startup enthusiasts untuk merayakan dan mempromosikan ekosistem startup yang bersemangat di Bandung.

Para peserta startup yang hadir tidak hanya dari akademika ITB namun juga dari seluruh Indonesia. Saat ini BSPD telah memasuki tahun ke-enam untuk memberikan panggung presentasi bisnis bagi startup yang siap tumbuh lebih cepat serta memfasilitasi startup di seluruh Indonesia yang membutuhkan support pendanaan untuk pengembangan bisnisnya. 

Acara ini akan menampilkan serangkaian sesi presentasi, diskusi panel interaktif, dan kesempatan untuk berjejaring antara sesama startup, venture capital, tamu undangan dan masyarakat luas yang memiliki ketertarikan dengan startup, menciptakan lingkungan yang kondusif bagi kolaborasi dan berbagi pengetahuan.