Produk Inovasi Alkes ITB Tampil di Pameran Alkes Gakeslab

15 Jul 2022 16:03

Cytra Ria A

Bandung, lpik.itb.ac.id - Rabu (13/7) lalu, Gabungan Perusahaan Alat-alat Kesehatan dan Laboratorium (Gakeslab) Indonesia bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar menggelar pameran alkes produksi dalam negeri. Pameran digelar selama dua hari ini, Rabu dan Kamis, 13--14 Juli 2022 diikuti oleh 95 produsen alkes untuk meningkatkan daya beli produk dalam negeri dan menghadang mafia alat kesehatan di rumah sakit pemerintah maupun swasta.

Ajang yang dinilai terbesar di Jawa Barat dan  pertama kali diselenggarakan di Indonesia, seluruh peserta mempertunjukkan produk alat kesehatan mereka yang diproduksi secara lokal di Jawa Barat. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat, Nina Susana Dewi, mengungkapkan bahwa hal tersebut telah seusai dengan instruksi Presiden No 2 tahun 2022 terkait mempercepat pemakaian produk dalam negeri.

 

Dalam kesempatan yang baik ini, Intitut Teknologi Bandung melalui Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK ITB) diundang untuk dapat ikut serta memamerkan produk inovasi alat kesehatan yang diciptakan di Kampus ITB. LPIK ITB mengirimkan perwakilan peneliti dari Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), Astri Maria Kurniawati dan Dziban Naufal, dan peneliti dari Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), Arif Sugiharto, S.T., M.T.

Selain itu, LPIK ITB juga menampilkan produk-produk Alkes unggulan dari LPIK ITB, seperti: 

1.Niva

2.Elisa Reader

3.Lutut Prostetik

4.Soket Mampu Atur

5.Dent-in

6.Motion Analyzer

7.Respinos

8.EKG

9.APD

10.Lab Elka