Hyundai Gandeng Institut Teknologi Bandung Tingkatkan Pengalaman Berkendara Sesuai Kebutuhan Indonesia

17 Jun 2023 10:43

Cytra Ria A

Bandung, lpik.itb.ac.idPT. Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) pada Jumat, 16 Juni 2023 menjajaki langkah kerjasama. Kerjasama ini merupakan bentuk komitmen Hyundai dalam tumbuh dan berkembang bersama Indonesia lewat jalur penelitian.

Bong Kyu Lee, President Director of PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, menjelaskan, “Hyundai terus berupaya menghadirkan pengalaman berkendara terbaik bagi konsumen. Lewat kerjasama dengan Institut Teknologi Bandung, kami berharap dapat berkembang bersama Indonesia untuk melakukan penelitian dalam menghadirkan solusi paling cerdas dan tepat bagi konsumen Tanah Air.”

Nota kesepahaman HMMI dengan ITB ini menyepakati berlangsungnya kerjasama selama 3 tahun. Aktivitas akan dimulai dengan riset Pengenalan Suara untuk Bahasa Indonesia antara HMMI R&D dan ITB. Tujuan riset ini adalah pengembangan fitur yang dapat memberikan keamanan dan kenyamanan berkendara, penyampaian informasi yang cepat dan akurat, dan berkendara yang menyenangkan. Hal ini akan sangat membantu ketika tangan dan mata harus fokus dalam posisi berkendara karena fungsi kendaraan dapat bekerja dalam satu perintah suara.  Riset akan berjalan untuk mengumpulkan beragam data penunjang fitur perintah suara. Tak kurang dari 2.000 responden akan dilibatkan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan beragam perintah.

Dengan kerjasama ini, diharapkan HMMI R&D dan ITB akan berkembang bersama di bidang teknologi kendaraan di Indonesia.

“Kami juga berharap kerjasama ini dapat menjadi sarana transfer of knowledge yang akan membawa kedua belah pihak semakin maju ke depannya khususnya di bidang teknologi yang akan memberikan manfaat bagi Indonesia,” tutup Lee Bong Kyu.

Hal yang sama diakui juga oleh Ir. R. Sugeng Joko Sarwono, M.T, Ph.D., Ketua LPIK ITB, dalam sambutannya, "Dengan semangat kolaborasi, kami berharap akan terwujud kerjasama yang baik untuk melakukan pengembangan-pengembangan inovasi dan teknologi pada masa-masa yang akan datang dan memberikan kontribusi yang besar bagi bangsa dan negara khususnya dalam bidang teknologi suara ucap." harapnya.

Komitmen dan dukungan Hyundai untuk Indonesia telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Salah satu dukungan melalui Hyundai Motor Chung Mong-Koo Foundation. Dukungan beasiswa bagi pelajar berprestasi di Indonesia agar dapat meneruskan pendidikan di salah satu universitas di Korea. Saat ini total 24 orang sedang menjalani masa perkuliahan. Mahasiswa Institut Teknologi Bandung juga termasuk dalam penerima beasiswa. Penerima beasiswa tidak hanya untuk melanjutkan ke jenjang magister tetapi juga dual-degree termasuk Ph.D

Tentang Hyundai Motor Manufacturing Indonesia

Hyundai Motor Manufacturing Indonesia didirikan pada tahun 2019. Perusahaan ini adalah anak perusahaan manufaktur dari Hyundai Motor Company, yang mengelola investasi terbaru Hyundai di Indonesia, ASEAN Manufacturing Hub di Kota Deltamas, Cikarang Tengah, Bekasi, Jawa Barat.

Pabrik Indonesia akan mewakili investasi sekitar USD 1,55 miliar hingga 2030, termasuk pengembangan produk dan biaya operasi. Fasilitas baru ini telah memulai produksi komersialnya  pada paruh kedua 2021 dengan kapasitas tahunan 150.000 unit dan ditargetkan mencapai 250.000 unit per tahun ketika mencapai kapasitas penuh. Selain memenuhi kebutuhan pasar lokal Indonesia, manufaktur ramah lingkungan ini juga mengekspor produk Hyundai ke pasar utama di kawasan Asia Pasifik, Timur Tengah, Afrika, Amerika Selatan, Tengah dan Utara.