HAWA, Manfaatkan Alga untuk Bersihkan Udara

20 Mar 2024 16:37

Cytra Ria A

Bandung, lpik.itb.ac.id - Greenlabs dan Jubelo bersama LPIK dan tim peneliti mikroalga dari KK Biokimia dan Rekayasa Molekul ITB mengembangkan HAWA, sebuah inovasi sirkular Phototank Mikroalga yang dapat meningkatkan kualitas udara bersih di urban area. 

Nama HAWA dari unit teknologi phototank mikroalga ini, terinspirasi dari jumlah tim inventor yang didominasi oleh wanita. HAWA terdiri atas alga hijau dan sensor kualitas udara, teknologi yg dikembangkan ini dapat digunakan untuk menangkap CO2 dan mengubahnya menjadi biomasa yang dapat dimanfaatkan kembali menjadi kompos, spirulina, maupun energi terbarukan lainnya.

Pada Selasa (19/3) dilakukan soft launching seremoni pengisian mikroalga ke dalam unit phototank HAWA untuk pertama kali. Dr. Irwan Gumilar berkesempatan untuk menjadi bagian dalam momen tersebut di lobby Gedung PAU ITB lt. 1. 

Penggunaan HAWA dalam meningkatkan kualitas udara diyakini dapat lebih efektif dan setara dengan manfaat atas penggunaan 5 pohon. Setelah soft launching ini, HAWA direncanakan akan diduplikasi dan diletakkan di 50 kota/kabupaten di pulau Jawa. Melalui HAWA diharapkan kualitas udara, khususnya di urban area, menjadi lebih baik dan upaya memacu peningkatan sirkular ekonomi.