Pendaftaran Pertamina CoRE ITB Dibuka, ITB Siapkan Mahasiswa Ciptakan Startup Sektor Energi

4 Sep 2023 20:08

Cytra Ria A

Bandung, lpik.itb.ac.id - Melalui pre-event 15FTalks, Senin (4/9) berlokasi di hotel Harris Ciumbuleuit Bandung, LPIK ITB menggelar diskusi dan tanya jawab sekaligus mensosialisasikan programnya bersama Pertamina bernama Pertamina CoRE ITB.

Mengusung tema "Ignite to Impact: Crafting Tomorrow's Energy Ventures", kegiatan hari ini diawali dengan sambutan pembukan oleh Ketua LPIK, Ir. R. Sugeng Joko Sarwono, M.T., Ph.D. Beliau menyampaikan bahwa berdasarkan data Startup Ranking, jumlah startup di Indonesia sampai dengan pertengahan tahun 2023 masih sekitar 3% jika dibandingkan Amerika Serikat.

"Walau perjalanan masih panjang, namun dengan perbandingan jumlah penduduk yang tidak berbeda signifikan, saya merasa ini juga sebuah opportunity, saya harap adik-adik mahasiswa siap menjawab tantangan untuk memajukan bangsa dan mengisi opportunity yang tersedia" ujarnya. Ketua LPIK ITB juga meyakini melalui program Pertamina CoRE ITB dapat memainkan peran untuk perkembangan potensi startup bisnis di masa yang akan datang. 

Hal ini bersambut baik melalui penyampaian keynote speech dari Vice President Stakeholder Relation & Management PT. Pertamina (Persero), Rifky Rakhman Yusuf, beliau mengatakan melalui Pertamina CoRE ITB ini harapannya lahir inovasi-inovasi baru di sektor energi dan turunannya.

Pertamina sebagai perusahaan energi nasional memiliki peran untuk menjaga ketahanan energi, mengurangi defisit neraca perdagangan migas dengan meningkatkan penggunaan sumber energi dalam negeri hingga menuju transmisi energi net zero emission. Tanpa terkecuali langkah aplikatif dari Pertamina meliputi pengembangan softskill para wirausaha muda terutama di bidang pengembangan bisnis.

Agenda berikutnya adalah talkshow 15F, merupakan acara triwulan dari sekbid kewirausahaan dan inkubasi bisnis yang menggali kiat-kiat wirausaha dari startup binaan LPIK, turut diundang Eunike Kartika Salduna, CBDO Greenlabs, dan Gabriel Butarbutar, CEO Ecoplast.id. Keduanya merupakan startup binaan LPIK yang sudah masuk masa akselerasi. 

Eunike berpendapat selain produk atau bisnis yang dikembangkan, tim menjadi kunci keberhasilan bisnis startup. Sedangkan Gabriel menyampaikan bahwa mengetahui timing menjadi salah satu aspek suatu bisnis berjalan dengan baik. Keduanya menyambut baik inisiasi program Pertamina CoRE ITB karena pendampingan pengembangan startup dapat menjadi wadah yang sangat baik bagi perusahaan pemula untuk memulai bisnis karena mempersempit celah kegagalan.

Mata acara terakhir adalah sosialisasi Pertamina CoRE ITB yang dijelaskan oleh Dr. Irwan Gumilar, S.T, M.Si., sekretaris lembaga bidang kewirausahaan dan inkubasi bisnis. Saat ini program tengah berada di masa pendaftaran hingga 10 September 2023 dan dijadwalkan terlaksana mulai 18 September 2023 hingga 23 November 2023.

Tentang program Pertamina CoRE ITB

Program Pertamina CoRE ITB merupakan program kolaborasi atas gagasan program CoRE ITB milik LPIK ITB dengan PT. Pertamina (Persero). ITB melalui LPIK memiliki program unggulan dalam pengembangan kewirausahaan dan inkubator bisnis, yaitu CoRE (Co-Creation on Research of Entrepreneurship). Pertamina memberikan dukungan pendanaan pada program CoRE karena melihat potensi yang sangat baik jika mahasiswa yang ingin membangun startup, diberikan kurikulum yang berkesinambungan hingga dapat merealisasikan bisnisnya.

Pertamina CoRE ITB diharapkan dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa yang berminat mengembangkan ide bisnis dan produk dalam Bidang Energi dan Aplikasinya serta memahami proses komersialisasinya. Program Pertamina CoRE ITB terdiri dari 4 (empat) rangkaian yang saling berkelanjutan dan berkesinambungan satu sama lain dengan tujuan mahasiswa dapat menciptakan purwarupa sederhana dan model bisnis di akhir kegiatan dengan memiliki kemampuan untuk berpikir kritis dalam kegiatan problem-based learning. Program Pertamina CoRE ITB diharapkan dapat menumbuhkan semangat wirausaha kepada mahasiswa di seluruh Indonesia. Rangkaian program yang diajukan adalah: 

  1. ESC4PE: Entrepreneurship Summer Camp For Problem-Based Learning Education
  2. Business Idea Generation 
  3. Entrepreneurship Development Program
  4. Startup Business Incubation Program

Program Pertamina CoRE ITB berdurasi dengan total +/- 262 jam yang dapat dikonversi menjadi 6 SKS dengan konversi 1 SKS setara 39,7 jam mengikuti aturan di ITB (dapat disesuaikan kembali dengan regulasi perguruan tinggi asal). Program Pertamina CoRE ITB terbuka untuk minimum mahasiswa Diploma-4 dan Sarjana seluruh Indonesia hingga pascasarjana. Informasi lengkap mengenai program ini dapat diamati melalui tautan linktr.ee/core.itb.