ITB, PT. PP (Persero) Tbk dan PT. Tetra Indo Teknologi Bersepakat Lakukan Joint Ownership

12 Jan 2024 14:43

Cytra Ria A

Bandung, lpik.itb.ac.id - Berlokasi di ruang rapat A LPPM ITB pada Jumat (12/1) berlangsung seremoni penandatanganan perjanjian kerja sama antara Insitut Teknologi Bandung, PT. PP (Persero) dan PT. Tetra Indo Teknologi mengenai Pengaturan Kepemilikan serta Pemanfaatan atas Platform Digital Pembelajaran Inovatif Konstruksi Ramping (K2R Neo).

  

Prosesi seremoni dilakukan oleh Ir. R. Sugeng Joko Sarwono, M.T., Ph.D, (Ketua LPIK ITB, mewakili WRRI ITB), Yusuf Maharani, S.T., MBA (SVP Divisi Perencanaan Strategis, Engineering, dan Teknologi (STRATEC) PT. PP (Persero) Tbk), dan Adrian Aldo Bagaskara, S.T. (Direktur PT. Tetra Indo Teknologi). Agenda ini turut disaksikan oleh masing-masing pihak tanpa terkecuali tim peneliti dan startup dari Kelompok Keahlian Manajemen dan Rekayasa Konstruksi (KK MRK) Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)-K2R NEO. Adapun peserta lainnya yang hadir pada seremoni penandatanganan kerja sama ini diantaranya; Prof. Ir. Muhamad Abduh, M.T., Ph.D. (Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan ITB dan Founder K2R, FTSL), Budi Hasiholan, S.T., M.Eng., Ph.D. (FTSL), Yusfiansyah Insan (FTSL), Prof. Ir. Biemo Woerjanto Soemardi, M.S.E, Ph.D. (FTSL), Rofiq Iqbal, ST., M.Eng., Ph.D. (Sekbid Teknologi Transfer LPIK ITB), Ahdiar Romadoni, MBA (Senior Advisor Transfer Teknologi LPIK ITB), Wahyu Daryono (PT. PP (Persero) Tbk), Rina Asri Aisyah (PT. PP (Persero) Tbk), dan Wildan Nachdy (PT. PP (Persero) Tbk).

Tentang K2R NEO

K2R Neo atau Kompetisi Konstruksi Ramping Neo merupakan perusahaan rintisan yang mengembangkan platform digital pembelajaran inovatif khususnya mengenai konstruksi ramping. Platform ini pertama kali dibesut tahun 2016 oleh Prof. Ir. Muhamad Abduh, M.T., Ph.D. Sejak 2016 hingga 2019, K2R Neo sering melakukan kegiatan perlombaan simulasi pelaksanaan proyek konstruksi dengan pendekatan Last Planner System (LPS) atau sistem perencanaan akhir (SPA) yang meliputi Collaborative Pull Planning, MakeReady, Production Evaluation & Planning, dan Production Management. Kegiatan ini dilakukan terbuka untuk seluruh mahasiswa dan praktisi konstruksi di Indonesia. Sempat terhenti karena pandemi, akhirnya program ini kembali dibuka di tahun 2023 melalui platform digital berupa pengintegrasian sistem penilaian dan visualisasi desain dalam sistem informasi.