Tenant

LEMBAGA PENGEMBANGAN INOVASI DAN KEWIRAUSAHAAN (LPIK) ITB
Edulens Indonesia
Muhammad Afnan Nur Fikri

Jl. Tirta Kencana VII No. 102 Cibabat, Cimahi

Informasi Perusahaan

Edulens adalah start-up yang bergerak di bidang edukasi dengan visi "menjadi perusahaan EdTech nomor 1 di Indonesia". Ide Edulens pertama kali dicetuskan oleh M. Afnan Nur Fikri pada Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) 2016, lalu pada tahun 2017 tim Edulens yang beranggotakan lima orang terbentuk. Pada mulanya, produk yang ditawarkan oleh Edulens adalah Learning Management System (LMS) untuk sekolah-sekolah di Kota Bandung. Namun, pengembangannya terhambat karena gagal mendapatkan pendanaan dan minimnya penguasaan teknologi pada saat itu. Hingga pada tahun 2018 pengembangan LMS tidak menunjukan peningkatan yang signifikan dan diputuskan bahwa pengembangan LMS dihentikan. Dengan melihat peluang pasar dan momentum yang ada, akhirnya pengembangan produk Edulens beralih menjadi produk tryout dan pembelajarn online bernama EduTO. 

EduTO merupakan aplikasi tryout daring berbasis web yang dapat diakses oleh siapa saja yang ingin mempersiapkan diri untuk menghadapi seleksi masuk perguruan tinggi seperti SBMPTN, SIMAK, dan lain-lain. Bukan hanya berisikan latihan soal, aplikasi EduTO akan memiliki konten video pembelajaran yang berisi penekanan konsep karena siswa tidak boleh dididik untuk terbiasa dengan menggunakan solusi yang instan tanpa memahami konsepnya.

Yang menjadi keunggulan aplikasi EduTO dari produk lain adalah sistem penilaiannya, EduTO mengadopsi sistem penilaian terbaru yaitu sistem bobot soal sehingga, para peserta tryout akan terbiasa dengan sistem penilaian terbaru. Lalu, EduTO akan menyediakan pembahasan soal yang disajikan dengan text dan video agar mudah dipelajari. Hasil penilaian akan langsung diolah menjadi ranking nasional secara otomatis dan dapat difilter berdasarkan pilihan jurusan dan universitas. Untuk meningkatkan fokus belajar siswa, EduTO memiliki fitur peringatan (warning) tentang kategori soal yang masih belum dikuasai oleh siswa. Selain itu, EduTO memiliki sebuah forum yang dapat digunakan oleh user sebagai media berdiskusi dan bertanya karena akan ada tim EduTO yang mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar pelajaran dari siswa.

“Pada tahun 2016 Edulens meraih medali perak pada Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) yang diselenggarakan oleh KEMENDIKBUD. Lalu pada tahun 2019 setelah Edulens mengembangkan produk EduTO, Edulens berhasil mendapat pendanaan dari program PMW yang diselenggarakan oleh ITB dan Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) yang diselenggarakan oleh RISTEKDIKTI.”