Idemes, Raih Juara Kategori Teknologi di WMM 2022 Business Plan Competition

22 Dec 2022 15:00

Cytra Ria A

Bandung, lpik.itb.ac.id - Wirausaha Muda Mandiri (WMM) merupakan program CSR utama Bank Mandiri sebagai wujud konsistensi mendukung tumbuh kembang pengusaha muda Indonesia. Membantu pemerintah dalam kewirausahaan di Indonesia di kalangan generasi muda. Program WMM telah memiliki lebih dari 50.000 alumni di seluruh Indonesia sejak dimulai pada tahun 2007 dan menjadi kompetisi yang paling diminati serta melahirkan banyak entrepreneur muda yang tangguh dan inovatif serta memiliki kepedulian terhadap masyarakat sekitar.

WMM 2022 membuka tiga jenis kompetisi; Business Plan Competition, Business Existing Wirausaha Muda Mandiri 2022, dan Santripreneur. Memasuki tahun ke-16, WMM tahun 2022 telah masuk ke tahap 4 Besar untuk mempresentasikan konsep usaha di pengujung acara ke depan dewan juri di Ritz Carlton, Jakarta, Kamis, 11 Desember 2022.

Tahap 4 Besar ini merupakan babak akhir, dan mengusung tajuk “Meet the Boss”. Mereka memperebutkan hadiah senilai Rp 800 juta. Adapun dewan juri terdiri dari Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia BUMN Tedi Bharata, Presiden Direktur Medco Energy Hilmi Panigoro dan Public Figure sekaligus Entrepreneur Christian Sugiono.

Adapun, Top 4 WMM 2022 yang akan berhadapan dengan para dewan juri yakni Alvin Tanto (3Dprint.ID) dari kategori Teknologi, Benita Selian (Smoothie Theory) dari kategori Boga, Indra Purwidiyanto (Naruna) dari kategori Kreatif, dan Dian Prayogi (Habibi Garden) dari kategori Sosial.

“WMM kini tidak hanya menjadi ajang perlombaan saja, tetapi sudah menjadi sebuah komunitas pengusaha muda yang solid dan terus meluas dari tahun ke tahun. Ini yang menjadi semangat bagi kami untuk terus konsisten mengembangkan wirausaha muda Indonesia,” ujar Rudi, Corporate Secretary Bank Mandiri.

Dia menambahkan, konsistensi tersebut tidak hanya berhenti pada tahapan kompetisi, namun berlanjut pada tahap pendampingan, pengembangan usaha, dan juga promosi usaha para finalis WMM. Nantinya, para finalis dan juara WMM akan diikutsertakan ke dalam event-event promosi nasional dan lokal yang didukung oleh Bank Mandiri agar dapat memperkenalkan produk dan usahanya dengan lebih luas.

Dalam jenis kompetisi lainnya, diumumkan pula para pemenang berdasarkan kategori yang sama; Boga, Teknologi, Kreatif, dan Sosial. Salah satu startup LPIK ITB, Halida Ulfah (Idemes), berhasil memenangkan kompetisi rencana bisnis dari kategori teknologi.