Kemitraan ITB dan INKA: Langkah Strategis Menuju Komersialisasi AGV CTT

21 May 2024 16:07

Cytra Ria A

Bandung, lpik.itb.ac.id - Dalam pertemuan antara Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) ITB dan PT. Industri Kereta Api (INKA), terbuka ruang diskusi dalam mengambil langkah nyata atas komersialisasi inovasi teknologi. Para pemangku kepentingan dari LPIK ITB, peneliti, serta tim INKA bergabung secara daring untuk membahas strategi komersialisasi paten atas teknologi AGV CTT (Automated Guided Vehicle Combine Terminal Tractor).

Dalam diskusi yang berlangsung pada 26 Maret 2024 ini, fokus diberikan pada dua item pengembangan penelitian dari AGV CTT. Mempertimbangkan kontribusi atas entitas yang terlibat dalam penelitian, disepakati bahwa perjanjian lisensi dikerucutkan pada komponen pengembangan penelitian yang dimiliki ITB sepenuhnya, sedangkan untuk item lainnya akan dipertimbangkan terpisah setelah proses kerjasama dengan entitas lain sah untuk dilaksanakan. Pembahasan juga mencakup nilai royalti dari proses komersialisasi AGV CTT yang didasarkan pada studi manajemen atas penerapan royalti di industri.

Melalui langkah-langkah konkret yang diambil dalam diskusi ini, harapannya kemitraan antara ITB dan INKA dapat terus berkembang untuk mendukung pengembangan teknologi dalam negeri. Semoga dengan kerjasama yang solid ini, dapat membawa manfaat bagi industri teknologi Indonesia.