Gelar Grand Opening, Wirausaha Merdeka - Program CoRE ITB Resmi di Mulai

14 Sep 2022 18:20

Cytra Ria A

Bandung, lpik.itb.ac.id - Pada tanggal 29 Agustus 2022 telah berlangsung pembukaan Program Wirausaha Merdeka Kemendikbudristek (WMK) ITB di Gedung CRCS ITB, Kampus ITB Ganesha. Acara ini dibuka langsung oleh Ibu Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D bersama dengan Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi, Prof. Ir. I Gede Wenten, M.Sc., Ph.D., Ketua Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) ITB, Ir. R. Sugeng Joko Sarwono, M.T., Ph.D., Ketua WMK Pusat, Dr. Wachyu Hari Haji, dan Ketua Pelaksana WMK ITB, Dr. Irwan Gumilar.

Rektor ITB menyatakan bahwa keikutsertaan ITB dalam Program Wirausaha Merdeka menjadi salah satu kontribusi ITB untuk mendorong peningkatan pengalaman wirausaha dan kemampuan daya kerja. Melalui program ini ITB berkesempatan dapat secara luas membangun ekosistem inovasi dan kewirausahaan dalam menghasilkan produk-produk inovatif yang dapat memiliki nilai bagi masyarakat Indonesia.

Wirausaha Merdeka dihadirkan untuk memantik minat dan semangat mahasiswa dalam berwirausaha, menanamkan mindset dan kompetensi dasar di bidang kewirausahaan, mendorong peningkatan pengalaman wirausaha mahasiswa, meningkatan kemampuan daya kerja mahasiswa, dan membantu meningkatkan kapasitas dan kualitas lulusan Perguruan Tinggi.

Program WMK ITB diberi nama Program CoRE (Co-Creation Research of Entrepreneurship) yang terdiri dari empat rangkaian yang saling berkelanjutan dan berkesinambungan satu sama lain dengan harapan mahasiswa dapat menciptakan purwarupa sederhana dan model bisnis di akhir kegiatan dengan memiliki kemampuan untuk berpikir kritis dalam kegiatan problem-based learning. Program CoRE diselenggarakan oleh LPIK - ITB untuk menumbuhkan semangat wirausaha kepada mahasiswa di seluruh Indonesia. Rangkaian programnya adalah sebagai berikut: 

  1. ESC4PE: Entrepreneurship Summer Camp For Problem-Based Learning Education
  2. Business Idea Generation (SBI)
  3. Entrepreneurship Development Program (EDP)
  4. Startup Business Incubation Program (SBI)

Tujuan dari program ini untuk menghubungkan teori inovasi dan kewirausahaan yang dimiliki oleh mahasiswa dari kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi dengan praktik yang disediakan. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat membantu mahasiswa dalam memperoleh keterampilan yang dapat diaplikasikan dalam pengembangan perusahaan rintisan. Keikutsertaan mahasiswa dalam program ini dapat dikonversi sampai maksimal 20 SKS.

Tercatat, program Wirausaha Merdeka ITB diikuti oleh 322 mahasiswa dari 106 universitas di seluruh Indonesia. Aktivitasnya dilakukan secara daring dan ada juga beberapa sesi yang dilaksanakan hybrid di Bandung. Program ITB memberikan peluang berharga bagi mahasiswa dan pemangku kepentingan untuk berbagi kolaborasi yang bermanfaat. Platform unik ini menarik para mahasiswa, akademisi, pelaku bisnis hingga pakar untuk terhubung dan berbagi. Para peserta diharapkan dapat memanfaatkan platform ini, dan mungkin ekosistem startup Indonesia, untuk membawa ide dan produk inovatifnya ke dunia.