Berita

LEMBAGA PENGEMBANGAN INOVASI DAN KEWIRAUSAHAAN (LPIK) ITB

Chatbiz Terbitkan Asisten Virtual Whatsapp Dr. Eka untuk Bantu Lawan Pandemi Covid-19 dengan Informasi Terintegrasi

  • 17 Apr 2020 10:31
  • Aprillia Annisa, S.I.P., MBA

Saat pandemi COVID-19, kehadiran informasi tentang perkembangan virus ini menjadi hal yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, tingkat keakuratan dan kemudahan akses ke informasi juga menjadi hal yang sangat kita butuhkan.

Melihat kondisi saat ini, Chatbiz.id sebuah startup tenant LPIK ITB, mengembangkan asisten virtual yang akan mempermudah kita untuk mengakses informasi tentang perkembangan COVID-19. Chatbot ini sendiri dapat diakses via Whatsapp, mengingat aplikasi tersebut mudah digunakan dan dipakai oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Dengan chatbot via Whatsapp, kita tidak perlu mengakses ke banyak situs atau aplikasi berbeda untuk mengetahui segala informasi terkini mengenai COVID-19.

Chatbot ini akan menampung berbagai informasi penting tentang COVID-19, mulai dari deteksi dini (gejala seperti batuk kering, demam, sakit tenggorokan dsb.), informasi tentang rumah sakit rujukan, sampai perkembangan terkini penyebaran COVID-19 nasional hingga daerah secara spesifik dan terpadu.

Untuk deteksi awal, Chatbiz akan memakai data gejala-gejala user dan memberikan rekomendasi sesuai referensi dari berbagai situs dan lembaga kesehatan yang kredibel. Sedangkan untuk informasi rumah sakit rujukan dan perkembangan up-to-date tentang penyebaran kasus COVID-19, Chatbiz akan mengambil data langsung dari situs-situs resmi pemerintah daerah seperti Pikobar (Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jawa Barat), corona.jakarta.go.id, corona.jatengprov.go.id, dan situs resmi lainnya.

Tidak hanya itu, Asisten Virtual Dr. Eka juga akan dikembangkan lebih lanjut fitur-fiturnya berdasarkan kritik dan saran yang bisa disampaikan langsung melalui chatbot. Masyarakat bisa mengakses asisten virtual Whatsapp dr. Eka oleh Chatbiz.id di nomor whatsapp +62-895-2202-8530 atau melalui link https://go.chatbiz.id/whatsappDrEka . Dengan teknologi chatbot untuk masyarakat, diharapkan data, informasi, maupun aspirasi terkait COVID-19 bisa diakses lebih mudah dan cepat sehingga bisa membantu masyarakat melawan pandemi ini.

Sumber:
https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019
https://www.worldometers.info/coronavirus/

Komentar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar