Hackathon dalam program BIGxIdealogy 2022

1 Mar 2022 18:41

Faradinda Noor

Bandung, lpik.itb.ac.id – Selasa (01/03)  melalui pertemuan virtual, BIGXIDEALOGY BATCH 1 2022 kembali dilaksanakan oleh LPIK ITB dan ITB Career Center. Business Idea Generation (BIG) merupakan program yang diinisiasi oleh Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan Institut Teknologi Bandung (LPIK ITB) bekerja sama dengan ITB Career Center serta berkolaborasi dengan IDEALOGY, merupakan salah satu kegiatan pelatihan dibawah program studi sarjana kewirausahaan SBM ITB. Kolaborasi kedua program tersebut menjadi BIGXIDEALOGY yang dilaksanakan setiap tahun. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa mengenai technology-based business, menciptakan ekosistem technopreneur di ITB, dan menumbuhkan semangat kolaborasi antar mahasiswa dari berbagai Fakultas dan Sekolah di ITB juga dengan mahasiswa di seluruh Indonesia.

Tahun ini program BIGxIdealogy hadir kembali dalam format virtual dan dilaksanakan pada 7-12 Februari 2022. Pembukaan secara resmi dilakukan oleh Dr. Dina Dellyana S.Farm., Apt., MBA selaku Kepala Divisi Entrepreneurship Development LPIK ITB, pada Senin 7 Februari 2002.

Program yang diberikan terbagi kedalam tiga kelas yakni stream bisnis, stream kreatif, dan stream digital. Pertama adalah stream bisnis memberikan fundamental dan overview mengenai landscape bisnis saat ini serta Design Thinking dan Social Impact. Stream bisnis dilaksanakan pada 7-8 Februari 2022 yang pada hari pertama diisi oleh Nur Islami Javad yang merupakan Chief Digital startup, Ecommerce & Fintech (DEF) PT. Sharing Vision Indonesia dan hari kedua diisi oleh Danny Kosasih Founder & CEO Didik.co. Kedua, Stream kreatif bertujuan untuk membekali mahasiswa mengenai metodologi riset ( User journey,user story dll). Stream Kreatif dilaksanakan pada 9-10 Februari 2022 dan diisi oleh Shauma Hayyu Syakura selaku Digital Strategist – Suitmedia. Terakhir, stream teknis yang berupa workshop dalam pembuatan landing page sederhana guna digitalisasi bisnis yang diajukan. Stream teknis dilaksanakan pada 11-12 Februari 2022 dan diisi oleh Puja Pramudya selaku Senior Engineering Manager Bukalapak, memberikan peserta kesempatan untuk membuat mockup landing page bersama feedloop dengan menggunakan kanvas.id.

Pelatihan serta workshop diikuti oleh 100 mahasiswa baik ITB maupun non-ITB. Sebagian besar peserta belum memiliki ide bisnis dan diberikan tantangan dengan pembagian kelompok secara acak dari berbagai latar belakang dan dibagi berdasarkan minatnya baik sebagai hacker, hipster juga hustler. Seluruh peserta terbagi dalam 18 kelompok dan setiap kelompok diberikan tugas yang harus dipenuhi pada setiap streamnya, seperti mencari ide bisnis sesuai dengan landscape bisnis saat ini, membuat nama dan logo untuk ide bisnisnya, value proposition design, business model canvas, customer and  journey map, landing page untuk ide bisnisnya juga proposal bisnis sederhana.