Wakili ITB, LPIK ITB Ikut Pelatihan Manajemen KI dan Transfer Teknologi dari Japan Patent Office

31 Dec 2023 04:49

Cytra Ria A

Jepang, lpik.itb.ac.id - The JPO/IPR Training Course on Academia-Industry Collaboration and Technology Transfer (IPAT) 2023 merupakan training yang diselenggarakan oleh Japan Patent Office (JPO). Training tersebut dilaksanakan pada tanggal 7 – 16 November 2023 di Gedung Asia-Pacific Industrial Property Center, JIPII, Kasumegaseki, Tokyo, Jepang.

Acara diikuti oleh 24 peserta yang terdiri dari berbagai latar belakang terkait dengan Kekayaan Intelektual, diantaranya: IP Researcher, IP Attorney/Consultant, Patent Examiners, IP Management, serta Technology Transfer/License Management dari universitas/institusi riset, Lembaga Pemerintahan, serta IP office. Peserta yang bergabung dalam agenda acara ini datang dari 20 negara yang berbeda. Tanpa terkecuali Indonesia, terdapat dua perwakilan yang mengikuti training tersebut yaitu satu dari asisten Transfer Teknologi LPIK ITB dan satu lainnya dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Training terdiri dari tiga bagian yaitu; materi dan diskusi interaktif, latihan dalam bentuk study case, serta kunjungan. Kegiatan-kegiatan tersebut dikemas dan dibawakan oleh pemateri yang telah lama berkecimpung di dunia pengelolaan kekayaan intelektual dan transfer teknologi baik dari institusi pendidikan tinggi maupun konsultan perusahaan.

Kegiatan training ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai pengelolaan kekayaan intelektual, valuasi aset tak berwujud, perbandingan pengelolaan transfer teknologi, serta pembuatan perjanjian kolaborasi dan komersialisasi. Harapannya, tiap peserta akan mampu meningkatkan sumber daya pengelolaan kekayaan intelektual sehingga hasil riset; khususnya yang berupa kekayaan intelektual tidak berhenti sebatas pendaftaran semata, melainkan dapat dimanfaatkan oleh industri.