Berita

LEMBAGA PENGEMBANGAN INOVASI DAN KEWIRAUSAHAAN (LPIK) ITB

Virtual Entrepreneurship Festival (E-Fest) PMW X TOP ITB 2020

  • 17 Dec 2020 11:11
  • Admin LPiK

Bandung, lpik.itb.ac.id – Sabtu (12/12) LPIK ITB berkolaborasi dengan ITB Career Center menyelenggarakan pameran virtual pertama bertajuk Virtual Entrepreneurship Festival (E-Fest) PMW X TOP ITB 2020 sebagai puncak rangkaian kegiatan pengembangan bisnis yang digagas kedua instansi tersebut. PMW X TOP ITB 2020 merupakan bentuk sinergitas dua program, yaitu Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang rutin dilaksanakan oleh ITB Career Center merupakan program pendanaan bagi mahasiswa yang memiliki start up atau dalam tahap scaling-up dengan Technopreneurship Orientation Program (TOP) yang merupakan program tahunan LPIK ITB berupa pembekalan, pendampingan, dan pembinaan bisnis bagi ide-ide inovatif mahasiswa ataupun civitas akademika ITB yang ingin dikomersialkan. Puncak acara Virtual Entrepreneurship Festival (E-Fest) PMW X TOP ITB 2020 dimeriahkan dengan rangkaian kegiatan yang terdiri atas pameran inovasi start up dan scale up binaan PMW X TOP ITB 2020 dan talkshow.

 

Kegiatan Virtual Entrepreneurship Festival (E-Fest) PMW X TOP ITB 2020 di mulai dengan laporan kegiatan oleh Sonny Rustiadi M.B.A.,Ph.D. (Kepala Sub Direktorat Pengembangan Profesi dan Kewirausahaan Direktorat Kemahasiswaan ITB) dilanjutkan dengan pembukaan dari Dr. G. Prasetyo Adhitama S.Sn.,M.Sn. (Direktur Kemahasiswaan) dan Ir. Sigit Puji Santosa, MSME, Sc.D, IPU (Ketua Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan). Pada acara pembukaan pun turut mengundang keynote speaker lainnya, yaitu Achmad Zaky yang merupakan Partner of INIT-6 & Founder Bukalapak.

 

Acara talkshow pada Virtual Entrepreneurship Festival (E-Fest) PMW X TOP ITB 2020 terbagi dalam dua sesi, sesi pertama mengusung tema “Technopreneur Masa Kini dan Masa Depan” yang dipandu oleh moderator, Nur Islami Javad dan diisi oleh tiga pembicara, Wawan Dhewanto ST,M.Sc.,Ph.D. (Dosen SBM ITB), Meydam Gusniar (Head of Business Development Waste4Change) dan Arizky Iriawansyah (Micro Banking Cluster Manager). Talkshow sesi kedua mengusung tema “Strategi Menjadi Creativepreneur 4.0 di Era Pandemi” yang dipandu oleh moderator, Adrian Ariatin dan tiga pembicara, yaitu Sofian (CEO Warung Pintar), Sharlini (CEO Nusantics) dan Anggriawan (CTO Suitmedia).

 

Sebanyak 75 tim yang mengikuti PMW X TOP ITB 2020 dan terbagi dalam beberapa kategori bisnis, yaitu 8 tim kategori teknologi lingkungan dan IOT, 8 tim untuk kategori teknologi kesehatan kecantikan, 13 tim untuk kategori jasa dan sosial, 13 tim untuk kategori ICT, 17 kelompok untuk kategori boga dan 16 tim untuk kategori fashion dan kreatif.

 

Tetap eksis di tengah pandemi

Walau terbatas tidak bertemu fisik, 30 tim peserta pameran Virtual Entrepreneurship Festival (E-Fest) PMW X TOP ITB 2020 tetap semangat berinteraksi mempromosikan usahanya. 20 tim peserta diantaranya adalah tim terpilih dari program PMW X TOP ITB 2020, yaitu Akademis. ID, Raja Jas Lab, Purey Premiun, Green Goods, Detik Craft, Cayou Gift, Rona Rias, Nyampih, Pateron, SF, Watano, API, DARU Lab, WiseWaste, Algaetaria, Eaten, Master Tryout, VisitInd, Plastitute, dan Matsna Hijab.

 

Guna meningkatkan peluang investasi, LPIK ITB dan ITB Career Center memfasilitasi para tenantnya untuk secara maksimal menunjukkan produknya secara interaktif sehingga para pengunjung yang hadir tidak hanya melihat secara visual tapi juga dapat berdiskusi dengan tenant pameran Virtual Entrepreneurship Festival (E-Fest) PMW X TOP ITB 2020. Menjaga kegiatan tetap kondusif juga dilakukan penilaian juri yang dipilih dari perwakilan akademisi, organisasi, dan bisnis, yaitu Sonny Rustiadi, Ph.D., Santi Novani, Ph.D (Sekretaris bidang Kewirausahaan dan Inkubasi Bisnis LPIK ITB), Arizky Irwiansyah (Assistant Vice President Micro Banking Bank Mandiri), Dr. Dina Dellyana, Wawan Dhewanto, Ph.D.

 

Sambutan penutup dan pengumuman pemenang pada Virtual Entrepreneurship Festival (E-Fest) PMW X TOP ITB 2020 disampaikan oleh Dr. Dina Dellyana (Kepala Divisi Pengembangan Entrepreneurship LPIK ITB).  Pemenang pada Virtual Entrepreneurship Festival (E-Fest) PMW X TOP ITB 2020 berdasarkan pemilihan juri, adalah Nyampih untuk Kategori Tim Terbaik, Purey untuk Kategori Tim dengan Profit Terbanyak, Watano untuk Kategori Booth Terbaik, dan Daru Lab untuk Kategori Terfavorit pilihan pengunjung.

 

 

 

 

Komentar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar