Bermain Peran sebagai Konsultan Bisnis, Kelas ESC4PE menjadi Pembuka Mata Ajar di Wirausaha Merdeka ITB

15 Sep 2022 17:19

Cytra Ria A

Bandung, lpik.itb.ac.id - Dua pekan pertama program CoRE ITB, 30 Agustus 2022-9 September 2022, diawali dengan penyelenggaraan kelas ESC4PE (Entrepreneurship Summer Camp For Problem-Based Learning Education). Kelas ini memfasilitasi mahasiswa untuk mendapat keahlian dan mempraktekkan ilmu bisnis dan sistematik berpikir yang diperoleh paralel dikelas untuk diterapkan dalam memberikan solusi dari permasalahan client bisnis mereka.

Para mahasiswa secara individu diberikan bekal kemampuan untuk mengidentifikasi isu-isu yang dihadapi oleh perusahaan terkait strategi bisnis, memahami konsep critical thinking, pivoting, mind mapping, dan SWOT. Mengadaptasi kurikulum K-12 dengan konsep Problem-Based Learning, setiap mahasiswa diberikan eksposur di dunia perusahaan rintisan dengan secara berkelompok berperan sebagai konsultan bisnis yang membantu mengatasi dan memberikan rekomendasi strategi/pivoting bisnis.

Selama dua pekan, selain mendapatkan materi kuliah, mahasiswa melakukan eksperimen dengan melakukan wawancara ke startup kliennya dan melakukan brainstorming dengan bimbingan mentor dan coach yang sudah ditugaskan. Hasil perubahan yang sangat signifikan ditampilkan mahasiswa melalui teknik presentasi sejak pertama kali menyampaikan konsep usulan strategi/pivoting hingga penampilan mereka saat final presentasi proposal usulan strategi/pivoting untuk startup.