Membangun Budaya Ilmiah Unggul di Lingkungan Riset dan Inovasi ITB

18 Oct 2022 16:51

Cytra Ria A

Bandung, lpik.itb.ac.id - Di bawah kepemimpinan Prof. I Gede Wenten, Ph.D, kelembagaan riset dan inovasi di ITB membangun dan memperkuat budaya ilmiah unggul. Beliau menitikberatkan kualitas dibandingkan kuantitas. Kualitas riset dan inovasi harus berdasarkan standard universal, berdasarkan inovasi scientific serta memberikan impact luas, kuat, dan menyeluruh sebagai turunan dari motto ITB globally respected, locally relevant.

Prosesnya lebih pada membangun budaya ilmiah, budaya penelitian, dan penguatan pengetahuan ilmiah. Pembangunan budaya ilmiah unggul dapat didukung melalui rekrutmen sumber daya yang unggul, sistem inovasi dengan budaya ilmiah yang unggul, serta reputasi dan kesetaraan ITB di kancah internasional, sedangkan tolak ukur keberhasilannya dapat dinilai dari publikasi di jurnal bereputasi, sitasi, mahasiswa pascasarjana berprestasi, kriteria rekrutmen tenaga nonakademik dan dosen, serta kriteria recharging akademik atau cuti panjang.

Beliau berpesan bagi para peneliti muda bahwa berkaryalah: fokus pada sains yang dimiliki Indonesia, manfaatkan dengan baik keterbukaan dan peluang dari dana penelitian, benamkan sains dalam hidup kita sampai menyatu dan menguat dalam jiwa. Cintailah sains!

 



#ITBInnovate #ExcellentScientificCulture