Usul Program CoRE, ITB Lolos Menjadi Perguruan Tinggi Penyelenggara Wirausaha Merdeka

15 Jul 2022 16:13

Cytra Ria A

Bandung, lpik.itb.ac.id - Jumat (15/7) merupakan agenda Grand Launching Program Wirausaha Merdeka yang digagas dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (KEMENDIKBUDRISTEK) berkerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Agenda ini dihadiri oleh; Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Bapak Nadiem Anwar Makarim; Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Bapak Nizam; Dirjen Pendidikan Vokasi, Ibu Kiki Yuliati; Ketua Program Wirausaha Merdeka Tahun 2022, Bapak Wachyu Hari Haji; serta mengundang Jehian Panangian Sijabat (President Director Mantappu Corp) dan Aldi Adrian Hartanto (Partner at ARISE) dalam sharing session bersama pengusaha muda.

Salah satu mata acara dalam Grand Launching Wirausaha Merdeka adalah pengumuman Perguruan Tinggi Penyelenggara. Institut Teknologi Bandung terpilih menjadi satu dari tujuh belas Perguruan Tinggi seluruh Indonesia yang mendapat kesempatan untuk dapat memfasilitasi mahasiswa seluruh Indonesia untuk belajar dan mengasah diri dalam ilmu kewirausahaan dan pengembangan bisnis. 

Mendikbudristek, Nadiem Makarim, berpesan bahwa dalam program ini diharapkan banyak mahasiswa yang terbentuk menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif melalui pembelajaran kewirausahaan. Pernyataan ini diperkuat dengan target yang disebutkan oleh Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Bapak Nizam, yang menyampaikan bahwa "Paling kurang terdapat 10.000 mahasiswa yang dapat ikut serta dan berani untuk menjadi wirausahawan muda, berani jatuh, berani bangun kembali, berani menerima tantangan, berani menjadi tuan rumah di negeri sendiri, untuk menjadi kebanggaan orang tua dan sekitar yang mampu mempekerjakan banyak pihak".

Ketua Program Wirausaha Merdeka Tahun 2022, Bapak Wachyu Hari Haji, menegaskan bahwa bersamaan dengan pengumuman resmi Perguruan Tinggi Penyelenggara Wirausaha Merdeka hari ini, maka mulai dibuka pula kesempatan mahasiswa untuk memilih dan mendaftar ke dalam program-program pendidikan kewirausahaan dan pengembangan bisnis terpilih. Melalui program ini, mahasiswa berkesempatan untuk dapat fokus mengasah diri dan menimba ilmu kewirausahaan usulan dari tujuh belas program terbaik bangsa, di mana keikutsertaan mahasiswa dapat diklaim pembelajaran mata kuliah sebesar max 20 SKS.

Program CoRE by LPIK ITB

Program CoRE ITB yang dirancang dan dilaksanakan oleh Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan, terdiri dari 4 (empat) rangkaian kegiatan yang berhubungan satu sama lain untuk menciptakan ekosistem kewirausahaan serta menumbuhkan semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa Indonesia. Program CoRE (Co-Creation on Research of Entrepreneurship) bertujuan untukmenghubungkan teori inovasi dan kewirausahaan yang dimiliki oleh mahasiswa dari kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi dengan praktik yang disediakan. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat membantu mahasiswa dalam memperoleh keterampilan yang dapat diaplikasikan dalam pengembangan perusahaan rintisan. Rangkaian program yang diajukan adalah: 

  1. ESC4PE: Entrepreneurship Summer Camp For Problem-Based Learning Education
  2. Business Idea Generation
  3. Entrepreneurship Development Program
  4. Startup Business Incubation Program

Program CoRE ITB berdurasi dengan total 912 jam yang dapat dikonversi menjadi 20 SKS dalam program MBKM. Dalam perencanaan program CoRE ITB dapat diikuti dengan 3 (tiga) cara:

  • Mahasiswa mengikuti seluruh rangkaian CoRE ITB selama 16 minggu dan dapat mengklaim 20 SKS
  • Mahasiswa mengikuti sebagian kegiatan CoRE ITB, yaitu ESC4PE: Entrepreneurship Summer Camp For Problem-Based Learning Education - ITB dan Business Idea Generation (BIG) selama 4 minggu dan dapat mengklaim 5 SKS
  • Mahasiswa mengikuti sebagian kegiatan CoRE ITB, yaitu Entrepreneurship Development Program dan Startup Business Incubation selama 12 minggu dan dapat mengklaim 15 SKS