Peneliti ITB Raih Penghargaan dalam The Hitachi Global Foundation Asia Innovation Award

17 Mar 2021 10:46

Indriani Rustomo

The Hitachi Global Foundation Asia Innovation Award merupakan program penghargaan yang dimulai di Tahun 2020 untuk mendukung sains, teknologi dan inovasi yang berkontribusi dalam penyelesaian isu sosial dan mewujudkan masyarakat yang berkelanjutan di wilayah ASEAN.

Penghargaan ini diberikan kepada individu dan juga kelompok yang melayani kepentingan publik melalui pencapaian mereka yang luar biasa dalam penelitian dan pengembangan (Litbang) di bidang sains dan teknologi, termasuk visi mereka untuk masyarakat yang ideal di masa depan dan rencana implementasi sosial untuk Litbang sebagai sarana untuk mencapai SDGs (Sustainable Development Goals, link https://sdgs.un.org/goals)

Di tahun pertamanya, 18 universitas dan lembaga penelitian di 6 negara ASEAN, Indonesia, Filipina, Vietnam, Kambodja, Laos dan Myanmar diundang untuk mendaftarkan hasil Litbang yang berkontribusi dalam Target Kedua SDGs "Tanpa Kelaparan" dan Target Ketiga "Kehidupan Sehat dan Sejahtera".

Acara penyerahan penghargaan yang awalnya dijadwalkan diadakan di Tokyo di Bulan Januari 2021, karena penyebaran Virus COVID-19, dengan terpaksa dibatalkan. 

Berikut ini dua peneliti ITB yang meraih penghargaan dalam The Hitachi Global Foundation Asia Innovation Award

  1. Prof. Dr. Ir. Tati Latifah Erawati Rajab Mengko meraih Outstanding Innovation Award untuk riset Beliau yang berjudul “Development of Early Cardiovascular Disease Detection Devices NIVA: Non-Invasive Vascular Analyzer”
  2.  Prof. Dr. Gede Suantika S.Si., M.Si. meraih Encouragement Award untuk riset Beliau yang berjudul “Development and Application of a Hybrid Zero Water Discharge (ZWD)-Recirculating Aquaculture System (RAS) Closed Aquaculture System for Sustainable Super- Intensive Shrimp Farming”


 

SumberRecipients of 2020 (1st) The Hitachi Global Foundation Asia Innovation Award