ITB Ikut Tindak Lanjuti Pengembangan ASEAN Technology Management Hub

12 Apr 2023 11:20

Cytra Ria A

Bandung, lpik.itb.ac.id - Menindaklanjuti pertemuan di Jakarta mengenai rencana pengembangan platform ASEAN Technology Management Hub (TMH) yang diinisiasi oleh ketua COSTI ASEAN, Kementerian Industri, Sains, Teknologi, dan Inovasi Kamboja. Pertemuan kedua kembali digelar di Siem Reap, Kamboja pada 16-17 Maret 2023 dalam agenda The 2nd Workshop on The Asean Technology Management Hub.

Lokakarya kedua diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian, Sains, Teknologi, dan Inovasi (MISTI) Kamboja. Di dalamnya turut hadir para pemangku kepentingan dari seluruh negara anggota ASEAN mulai dari; ASEAN Secretariat, E-READI (Enhanced Regional EU-ASEAN Dialogue Instrument), perwakilan seluruh anggota ASEAN, jejaring universitas, Technology Transfer Officer, serta dari sektor swasta/perusahaan. Delegasi Indonesia diwakili oleh BRIN, 3 perusahaan swasta, dan dari universitas, ITB dan ITS. Hadir atas nama ITB adalah Ahdiar Romadoni, TTO LPIK ITB selaku Senior Advisor Kekayaan Intelektual dan Komersialisasi Inovasi.

Beberapa agenda dipaparkan dalam sesi Focus Group sebagai lanjutan dari keputusan pertemuan pertama di Jakarta. Di antara isu-isu yang dibahas oleh peserta adalah potensi struktur dan kerangka kerja TMH, sistematika pengelolaan TMH yang efektif, model bisnis yang optimal, dan aturan dalam menjaga keberlanjutan TMH.

Lokakarya ini juga memberikan kesempatan kepada Uni Eropa untuk berbagai wawasan dan pengalaman kepada para peserta.

ASEAN Technology Management Hub adalah inisiatif regional yang bertujuan untuk menghubungkan komunitas ASEAN yang terlibat dalam sains, teknologi, dan inovasi melalui platform online yang komprehensif untuk mempercepat penelitian, mengkatalisasi inovasi, mendorong berbagi pengetahuan, dan mempromosikan transfer teknologi di ASEAN dengan meningkatkan dan melengkapi aliansi akademisi-industri.