Program Penguatan Inovasi Alkes 2023: Mendukung Kemandirian Industri Alkes

16 Dec 2022 21:04

Cytra Ria A

Bandung, lpik.itb.ac.id - Rabu (14/12) Sekbid Inovasi LPIK ITB bersama stakeholder terkait menginisiasi webinar penguatan inovasi alat kesehatan (alkes) untuk mendukung kemandirian industri alkes. Sejak terjadi pandemi, industri alat kesehatan adalah industri yang dikuatkan pemerintah untuk dapat menjadi mandiri. Sejalan dengan itu, tertera dalam renstra 2025 ITB, bidang kesehatan menjadi prioritas topik riset inovasi di ITB.

Ketua LPIK ITB, Ir. R. Sugeng Joko Sarwono, M.T., Ph.D., berpendapat bahwa industri alkes di Indonesia sebelumnya dominan dengan sistematika yang kompetitif, membuat sisi kolaboratif harus mulai dibiasakan. Menurutnya, industri alat kesehatan yang mandiri dan sustain dapat terjaga dari dukungan kegiatan riset dasar yang kuat.

Dalam webinar yang berlangsung, turut mengundang Bapak Roy Himawan (Direktur Ketahanan Kefarmasian dan Alat Kesehatan), Bapak Agus Budiyono (Chairman CAP Solutions), Bapak Randy H. Teguh (Sekretaris Jenderal Gakeslab Indonesia), dan Ibu Fiametta S. Soenardi (Koordinator Kompartemen Litbang Badan Kemitraan Ketahanan Alkes Nasional, Gakeslab Indonesia). Dalam paparan para panelis, menjadi sorotan diskusi bahwa masih banyak invensi alkes tidak berujung ke inovasi sehingga persentase Indonesia dalam melakukan import alkes masih sangat tinggi sebesar 96%. Para stakeholder perlu mempertimbangkan untuk tidak mengekspor material atau barang-barang mentah serta perlu difasilitasi manufacturing R&D untuk mempercepat proses produksi hasil riset perguruan tinggi mengingat inovasi yang dihasilkan tidak secepat kebutuhan di industri. Inventor juga perlu menanamkan mindset bisnis dalam penciptaan produk alkes, produk yang murah tidak selalu baik, konsumen perlu memiliki kemampuan untuk membayar dengan harga wajar.

Kegiatan yang dimoderatori oleh Dr. Irwan Gumilar ini, diharapkan dapat menjadi sarana untuk menjembatani aspirasi akademisi, industri, dan pemerintah serta mampu menghasilkan action plan nyata untuk ITB agar dapat mendukung penguatan inovasi ITB khususnya di bidang kesehatan. Sekretaris Lembaga Bidang Inovasi LPIK ITB menyatakan bahwa melalui webinar ini, dipastikan bahwa dalam program penguatan inovasi di ITB yang secara annual dilaksanakan di LPIK ITB akan melibatkan industri dalam kemitraan dengan dorongan kebutuhan dari industri.