Hitachi Global Foundation Asia Innovation Awardee 2022

8 Nov 2022 15:52

Indriani Rustomo

The Hitachi Global Foundation Asia Innovation Award merupakan program penghargaan yang dimulai di Tahun 2020 untuk mendukung sains, teknologi dan inovasi yang berkontribusi dalam penyelesaian isu sosial dan mewujudkan masyarakat yang berkelanjutan di wilayah ASEAN.

Penghargaan ini diberikan kepada individu dan juga kelompok yang melayani kepentingan publik melalui pencapaian mereka yang luar biasa dalam penelitian dan pengembangan (Litbang) di bidang sains dan teknologi, termasuk visi mereka untuk masyarakat yang ideal di masa depan dan rencana implementasi sosial untuk Litbang sebagai sarana untuk mencapai SDGs (Sustainable Development Goals, link https://sdgs.un.org/goals)

Di tahun ketiga, Institut Teknologi Bandung masih mendapat kepercayaan untuk mendaftarkan hasil Litbang yang berkontribusi dalam Target Enam SDG "Akses Air Bersih dan Sanitasi" dan Target Sebelas "Kota dan Komunitas yang Berkelanjutan". Dalam Award ini, ITB mengirimkan 4 penelitian yang sesuai dengan topik terkait dan juga dengan pencapaian riset yang luar biasa.

Di tahun 2022 ini, dua peneliti ITB berhasil meraih penghargaan dalam The Hitachi Global Foundation Asia Innovation Award

  1. Prof. Dr. Delik Hudalah, S.T., M.T., M.Sc. meraih Outstanding Innovation Award untuk riset Beliau yang berjudul “Building Network Governance for Inclusive and Sustainable Peri-urbanization”
  2.  Prof. Ir. Tjandra Setiadi, M.Eng., Ph.D. meraih Encouragement Award untuk riset Beliau yang berjudul “Combination of Anaerobic and Aerobic Processes to Treat Textile Wastewater in Supporting Green Chemistry”

Sayangnya, dua penelitian lain, yaitu Prof. Ir. Puji Lestari, Ph.D. (The Impact of PM2.5 Emission from Peatland Burning & Forest Fires to Air Quality in City of Palangkaraya) dan Dr. Sri Maryati, S.T., MIP. (Sustainable Urban Basic Infrastructure Provision in Slum Area and Community Development) belum dapat meraih penghargaan di tahun ini.

Kami mengucapkan selamat kepada peraih Hitachi Global Foundation Asia Innovation Award 2022 dan terima kasih kepada para inventor yang telah berpartisipasi. Semoga ITB dapat terus mendapatkan kepercayaan untuk mengirimkan penelitian terbaiknya dalam program ini di tahun mendatang.