Berita

LEMBAGA PENGEMBANGAN INOVASI DAN KEWIRAUSAHAAN (LPIK) ITB

Grab Call For Proposal

  • 30 Mar 2020 09:33
  • Indriani Rustomo

Sebagai "decacorn" pertama di Asia Tenggara, saat ini Grab telah beroperasi di Singapura, Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Kamboja. Di Indonesia, Grab melayani pemesanan kendaraan seperti ojek (GrabBike), mobil (GrabCar), taksi (GrabTaksi), kurir (GrabExpress), pesan-antar makanan (GrabFood), dan carpooling (GrabHitch Car). Saat ini Grab tersedia di 125 kota di seluruh Indonesia, mulai dari Banda Aceh - Aceh hingga Jayapura – Papua.

Grab yang berpusat di Singapura ini memerupakan salah satu platform layanan on demand yang berawal dari layanan transportasi, dan berkembang dengan layanan lain seperti pengantaran makanan dan pembayaran yang bisa diakses lewat aplikasi mobile.

Sebagai usaha untuk memperluas jenis layanan, Grab menawarkan program kerjasama penelitian untuk mengembangkan inovasi para peneliti di ITB untuk dapat diaplikasikan dalam platform Grab.

 

Berfokus pada klaster Transportasi, Program ini mengutamakan topik-topik berikut:

  1. EV (Electric Vehicle)
    • Management operasional, riset manajemen operasional
    • Manajemen infrastruktur EV
    • Security and Safety
    • Pengembangan
  2. NLP (Natural-language programming)  & AI related to Transportation
  3. Smart Mobility

 

Maksimum pendanaan yang dapat diterima untuk 1 (satu) proposal adalah sebesar Rp 300.000.000,00. Namun, besaran pendanaan yang diterima akan disesuaikan mengikuti urgensi luaran, teknologi dan hardware, survey, dan kajian.

 

Komponen biaya disesuaikan dengan keperluan masing-masing program dan mengacu Standar Biaya Sumber Dana Bukan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Peraturan Rektor Institut Teknologi Bandung Nomor 016/PER/I1.A/KU/2015.

Catatan :

-Tidak termasuk belanja pegawai.

-Termasuk Biaya yang terkait dengan biaya-biaya untuk proses komersialisasi misal: pameran, cetak brosur dan leaflet, dll.

 

Pelaksanaan program Grab ini adalah 2 Juni – 30 November 2020.  Tanggal akhir pengajuan Proposal adalah tanggal 13 April 2020, jam 15:00. Proposal didaftarkan dalam bentuk softcopy :

  1. Dikirimkan melalui email ke lpik@lpik.itb.ac.id / rustomo@gmail.com.
  2. Diunggah pada website LPIK ITBhttp://lpik.itb.ac.id/ (Langkah pendaftaran dan unggah proposal terlampir)

Evaluasi I akan dilakukan untuk menetapkan innovator/inventor yang akan diundang dalam Presentasi Proposal pada tanggal 30 April – 2 Mei 2020 dalam upaya pencarian informasi lebih dalam mengenai riset yang diajukan.

 

Download File Terkait 

  1. Panduan dan Template Proposal
  2. SBK Penelitian

Komentar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar