15FTalks: Awali Program Inkubasi dengan Semangat Keberlanjutan

21 May 2024 16:03

Cytra Ria A

Bandung, lpik.itb.ac.id - Senin (29/4) berlangsung agenda 15F Talks di Auditorium Gedung PAU ITB. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian program inkubasi tahun 2024 batch 1 yang diinisiasi oleh Sekbid Kewirausahaan dan Inkubasi Bisnis LPIK ITB. Memanfaatkan perayaan Hari Kartini, dengan menyoroti peran perempuan dalam dunia bisnis berkelanjutan, agenda ini juga menjadi tanda program inkubasi bisnis 2024 dimulai.

Kegiatan ini dibuka oleh Dr. Irwan Gumilar, S.T., M.Si. selaku Sekretaris Bidang Kewirausahaan dan Inkubasi Bisnis. Beliau memperkenalkan 15F Talks sebagai wadah bagi para startup binaan LPIK ITB untuk memperdalam pengetahuan dan jaringan mereka dalam mengembangkan bisnis dan produk. Dengan peserta sekitar 40 orang, acara ini diharapkan menjadi sarana dalam meningkatkan pemahaman dan semangat kewirausahaan di kalangan pengusaha muda.

Pada agenda pertama, Manajer Inkubator Bisnis memandu sesi onboarding untuk startup LPIK ITB batch 2024. Ini menjadi langkah awal yang penting bagi para startup baru untuk memahami lebih dalam tentang program inkubasi yang akan mereka ikuti selama satu tahun ke depan, serta tantangan dan peluang yang mungkin didapatkan dalam perjalanan bisnis mereka.

Acara kemudian dilanjutkan dengan paparan dari dua narasumber inspiratif, yaitu Lintang Kusuma Pratiwi dari Elevarm dan Annisa Kasya Salsabila dari Rentaloca. Mereka berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam memimpin startup yang berfokus pada keberlanjutan. Elevarm, sebuah startup agritech, mengeksplorasi praktik pertanian berkelanjutan dan berdampak untuk meningkatkan taraf hidup petani, sementara Rentaloca berkomitmen untuk mempromosikan konsumsi yang bertanggung jawab melalui platform fashionnya.

Dalam mengarahkan diskusi antara para narasumber dan peserta, moderator acara, Della Yunia Hogiana S.Bns., MSE, seorang Founder & Creative Director Hogiana Fashion Studio, menyajikan suasana yang santai namun tetap informatif. Dalam forum ini dibahas topik-topik menarik mulai dari peran perempuan dalam sektor keberlanjutan hingga pemanfaatan teknologi untuk membangun bisnis yang berkelanjutan. Melalui dialog yang terbuka, acara ini mendorong kolaborasi lintas sektor untuk menciptakan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Sebagai penutup, para peserta diberi kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi lebih lanjut dengan narasumber. Acara ditutup dengan harapan agenda ini menjadi awal yang baik bagi keberjalanan program dan memperkuat komitmen startup dalam mengembangkan bisnisnya lewat pembinaan dan inkubasi LPIK ITB.