Meriah, Bandung Startup Pitching Day 2022 Digelar Offline di Kampus ITB

17 Jun 2022 17:39

Cytra Ria A

Bandung, lpik.itb.ac.id - Setelah melalui tahap seleksi ketat, sebanyak 20 startup terbaik hasil kurasi tim independen mempresentasikan produk bisnis mereka di hadapan 28 undangan pemodal dalam agenda kegiatan Bandung Startup Pitching Day 2022. Selama dua tahun terakhir selalu dilaksanakan daring, tahun ini (16/6) panitia mempersiapkan acara Bandung Startup Pitching Day 2022 untuk dilaksanakan hybridtatap muka dan daring.

Kegiatan berformat business pitching ini diinisiasi atas kolaborasi The Greater Hub (SBM ITB) dan LPIK ITB bersama dengan pemangku ekosistem startup di Bandung lainnya; Startup Bandung, Startup Grind Bandung, Geek Hunter, dan Block 71 Bandung serta mendapat dukungan penuh dari Endeavor dan Xendit.

Ketua pelaksana acara, Dr. Dina Dellyana, menyampaikan bahwa "kegiatan ini dirancang sebagai platform pembelajaran untuk para pemuda, penggemar dunia startup dan wirausaha baru. Kegiatan tahunan ini juga sekaligus ajang networking antara sesama startup, venture capital, tamu undangan dan masyarakat luas yang memiliki ketertarikan dengan startup,”

Diikuti 20 startup terbaik dan investor

Dari 69 startup yang mendaftarkan diri, terpilih 20 startup terbaik yang memiliki bold idea dengan basis teknologi sebagai solusi bagi permasalahan di Indonesia. Startup yang ikut serta beroperasi pada kategori FinTech, EdTech, HR-Tech, Internet of Things (IoT), Waste Management, Environment-Sustainable product, Life Science, dan Skincare & Beauty.

Adapun 20 startup itu adalah IJO, Huniflex, Tongbos, Cody Kit, JUBELO, Investly, Menno, Kulaku-Coconut Energy Indonesia, Cooklative, Reekan, Harmoniz, LesQ, iWindMSS (Smart Wind Turbine), Titiktemu.co.id, Karla Bionics, Konsela, Belajardeen, Finca, Alture Beauty and Wellness, Widya Skilloka.

Sementara investor yang sudah konfirmasi akan hadir dalam acara ini adalah 28 Venture Capital (VC) dan angel investor dari dalam dan luar negeri, yaitu 1982 VC, Alpha JWC Ventures, Alpha Momentum Indonesia, Antler, Arise VC, Bayu Syerli, Dream Incubator, East Venture, Endeavor, Ficus VC, Finch Capital, Future Play, Go-Ventures, Ideosource Entertainment, Javas Venture, MDI Ventures, Meet Ventures, Moonshot Ventures, Northstar, Open Space Venture, Salim Group, STRIVE, Supernovae, Sweef Capital, Telkomsel Corporate Accelerator (Tinc), TMI, Venturra Discovery, Vertex Ventures.

Beri apresiasi kepada potensial startup 

Selain memberikan kesempatan langsung mempromosikan produk bisnis startup kepada pada pemodal yang diundang, Bandung Startup Pitching Day 2022 juga memberikan apresiasi atas penilaian yang diberikan langsung dari para pemodal dalam empat kategori terbaik; Most Innovativeness, Most Pitching and Presentation, Most Impact, dan Most Marketable. 

Adapun para startup terbaik pemenang katergori tersebut adalah Karla Bionic (Most Innovativeness), Investy (Most Pitching and Presentation), IJO (Most Impact), dan Cody Kit (Most Marketable). Masing-masing startup mendapatkan uang tunai, souvernir, Xendit credit senilai 300-500 juta, AWS credit sejumlah USD 10.000, dan free inkubasi selama 3 bulan oleh Block71 Bandung.