Fasilitasi Bimbingan dan Pendanaan Pre-Startup, PMWxTOP 2024 Resmi Dibuka

30 Apr 2024 16:28

Cytra Ria A

Bandung, lpik.itb.ac.id - Program PMWxTOP 2024 secara resmi dibuka pada Sabtu (20/4) bersamaan dengan agenda ITB Career Fair di gedung Sabuga ITB. Pembukaan ini dipimpim oleh Hafiz Aziz Ahmad, S.Sn., M.Des., Ph.D., Kasubdit Pengembangan Profesi dan Kewirausahaan Mahasiswa - Direktorat Kemahasiswaan ITB, serta Dr. Irwan Gumilar, S.T., M.Sc., Sekretaris Bidang Kewirausahaan dan Inkubasi Bisnis - Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan ITB.

Sejak tahun 2020, PMWxTOP telah menjadi program rutin tahunan kolaborasi antara LPIK ITB dan Ditmawa. Program ini bertujuan untuk mendukung cita-cita ITB menjadi ITB Enterprise dengan mendorong program dalam penguatan ekosistem inovasi dan kewirausahaan khususnya di kalangan mahasiswa. PMWxTOP merupakan gabungan dua program pre-startup unggulan dari ITB Career Center dan LPIK ITB untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi pengusaha berpotensi.

PMWxTOP 2024 menawarkan dua kategori utama, yaitu Pre-Startup bagi mahasiswa yang memiliki ide bisnis dan ingin merealisasikan produk atau jasanya menjadi bentuk prototipe, serta Early Startup bagi mahasiswa yang telah memiliki ide bisnis dan prototipe dan ingin melakukan uji coba pasar. Dalam program ini, bidang bisnis peserta tidak terbatas hanya pada bidang-bidang teknologi sebagaimana yang sudah ditetapkan menjadi klaster di LPIK seperti; transportasi dan energi, infrastruktur dan kebencanaan, kesehatan (termasuk kecantikan dan komestika) dan hayati, dan teknologi komunikasi dan informatika; namun juga dari bidang non teknolgi dengan sub bidang seperti boga, mode, ataupun sosial.

Setiap peserta wajib mengikuti program pelatihan dasar kewirausahaan, Technopreneurship Orientation Program (TOP), selama kurang lebih 4 bulan dari April hingga Juli 2024 secara daring. Pada tahun ini, sebanyak 144 mahasiswa berpartisipasi dalam PMWxTOP 2024, termasuk 16 mahasiswa dari luar ITB.

LPIK ITB menyiapkan beberapa segmen program dalam pelatihan kewirausahaan meliputi Pre-Incubation Bootcamp, Workshop of Prime, sesi Sharing Exclusive Class, dan diakhiri dengan Demoday, di mana peserta memamerkan perkembangan bisnis mereka.

Acara peresmian dan pembukaan PMWxTOP 2024 ini juga menggelar talkshow dengan topik "Membangun Bisnis Teknologi: How to Sustain from 0 to 1" bersama narasumber Indra Permana Sopian, CEO BETA UAS. Perusahaan ini telah sukses merancang berbagai jenis drone untuk berbagai keperluan, mulai dari pemetaan hingga pertanian.

Berdasarkan penuturan Indra, selain solving problems dan product marketing, hal yang paling mendasari untuk membangun sebuah bisnis yaitu making money. Founder harus dapat melihat bisnis dalam jangka panjang, oleh karena itu sumber daya khususnya manusia menjadi sangat krusial. Menjalani bisnis tidak terlepas dari membangun kepercayaan dan relasi.

Acara puncak dari pembukaan PMWxTOP adalah pengumuman pendanaan pre-startup yang sebelumnya sudah mengikuti proses seleksi administrasi dan presentasi. Sebanyak 25 startup terpilih untuk mendapatkan pendanaan dengan variasi dari lima hingga dua belas juta rupiah. Hal ini menandai awal dari perjalanan mereka dalam mengembangkan bisnis mereka untuk menjadi solusi bagi masyarakat.

Ke dua puluh lima startup terpilih itu antara lain,

  1. Dissop
  2. Mayvit Kombucha
  3. Mengasihi Group
  4. Sassle
  5. Mofier
  6. Lil’Bites
  7. Aksa
  8. Biomate
  9. Eventee
  10. Comvee
  11. Cassava Eco Fire Ball
  12. Pembicara.PRO
  13. Projectind
  14. Pionirmuda Education & Technology
  15. Emoka Konveksi
  16. Asa Cerra
  17. LOKALLE
  18. BEMASTERY
  19. Steaffee
  20. Lab Buddy / DOLPI
  21. Lokar Herbal
  22. Netra
  23. BACH - Fashion sportswear
  24. ReU
  25. Bola Ubi Kyubi