Tenant

LEMBAGA PENGEMBANGAN INOVASI DAN KEWIRAUSAHAAN (LPIK) ITB
Resikel Termal Teknindo
Luca Cada Lora

Jl. Sekeloa Tengah 90A

Informasi Perusahaan

Resikel Termal Teknindo adalah perusahaan EPC (Engineering, Procurement, dan Construction) yang berfokus terhadap pengelolaan sampah dan limbah dengan produk utama berupa insinerator yang dapat mereduksi volume sampah hingga 95%. Masalah sampah atau limbah di Kota Bandung telah mencapai puncaknya sejak Pemerintah mengeluarkan Peraturan Presiden No. 15 Tahun 2018 untuk mengatasi polusi di Sungai Citarum melalui program Citarum Harum.

Konsep di masyarakat saat ini, pengelolaan limbah hanya sampai ke tempat pembunagan sampah sementara padahal sampah tidak bisa hilang begitu saja tanpa pengolahan yang tepat. Belajar dari Singapura yang memiliki lahan terbatas, mereka selalu membakar sampah yang tidak dapat didaur ulang dan mengubahnya menjadi abu untuk dijadikan tanah yang subur di daerah khusus mereka. Insinerasi adalah opsi terbaru sebelum sampah mencapai TPA.

Layanan perusahaan kami terdiri dari pemetaan, konsultasi, dan pembangunan sistem insinerator untuk membakar sampah dengan terkontrol. Teknologi kami merupakan pengembangan dari teknologi yang telah dipatenkan dengan nomor paten P.00201200408 tentang batu bata tahan api yang diformulasikan oleh Ir. Henky Poedjo R., MSME, pensiunan peneliti di Badan Energi Nuklir Nasional Indonesia. Produk kami memiliki desain asli dan dibangun dari 100% produk lokal. Dengan teknologi kami, proses pembakaran memiliki radiasi panas ke lingkungan yang minim serta polusi yang ditimbulkan dapat terkontrol.

Insinerator yang telah dibangun akan menjadi aset perusahaan untuk pengembangan startup berupa perusahaan penjemputan sampah yang ada di hotel maupun restoran yang terkendala dengan adanya sistem penjemputan yang tidak rutin. Produk berupa sensor volume sampah sedang dikembangkan untuk diimplementasikan ke user ketika sampah mereka sudah melebihi kapasitas penambung yang kemudian akan dibakar ke dalam insinerator yang telah berhasil dibangun/terjual. Sehingga, insinerator yang telah kami jual akan menjadi bagian aset untuk kegiatan usaha kami lainnya maupun sebagai media penelitian dan pengembangan.

“1. 13 selected startup Shell Livewire Resikel Termal Teknindo (Sebelumnya Resikel Global Polimer) terpilih menjadi salah satu peserta bootcamp yang diadakan oleh Shell Livewire untuk memperebutkan modal usaha sebesar 250 juta rupiah. Dalam lomba startup ini, produk kami berupa mesin pengolah sampah yang dapat mengkonversi sampah menjadi energi melalui proses termal. Sisa sampah yang tidak dapat didaur ulang maupun diproses akan dibakar secara terkontrol di dalam insinerator yang telah memiliki hak paten. Shell Livewire merupakan kompetisi wirausaha muda dengan tema energi untuk memperebutkan hadiah senilai total 250.000.000 untuk pengembangan kegiatan usaha. 2. Penunjukan pengadaan Insinerator oleh Bupati Bandung Barat Perusahaan kami sudah mulai menunjukkan portofolio positif dengan adanya pesanan dari pemerintah kabupaten bandung barat melalui dana CSR dengan total transaksi 300 juta rupiah untuk pengadaan satu buah insinerator dengan kapasitas 1 ton per jam. Adapun jika pembangunan pertama sukses dan membuahkan hasil yang baik dalam pengelolaan sampah, akan ada kerjasama ke depan dengan pemerintah kabupaten bandung barat. 3. Startup Competition Germany - JERIN Perusahaan kami terpilih untuk seleksi di Indonesia dan sedang melalui seleksi administrasi tahap lanjut untuk memperebutkan pendanaan sebesar 25.000 euro di Jerman.”



  • Luca Cada Lora

    Penanggung Jawab

  • Bernard Renardi

    Anggota