Berita

LEMBAGA PENGEMBANGAN INOVASI DAN KEWIRAUSAHAAN (LPIK) ITB

Bukalapak Goes to ITB: Belajar Ngelapak Bersama Komunitas Tingkatkan Kesadaran Berwirausaha Sejak Muda

  • 17 Sep 2019 12:30
  • Aprillia Annisa, S.I.P., MBA

Bukalapak melalui Komunitas Bukalapak menggelar program BNBK Goes to Campus untuk mengajak mahasiswa di beberapa kampus dan anak muda di berbagai daerah untuk belajar berwirausaha sejak dini. 

Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan Institut Teknologi Bandung (LPIK - ITB) sebagai lembaga universitas yang berperan dalam peningkatan minat dan praktik kewirausahaan dalam kampus ITB bekerjasama dengan Komunitas Bukalapak menggelar program Bukalapak Goes to ITB dengan kegiatan "Belajar Ngelapak Bareng Komunitas" untuk mengajak mahasiswa dan anak muda khususnya di lingkungan kampus ITB untuk belajar berwirausaha sejak dini. 

BNBK di ITB diadakan pada Jumat, 6 September 2019 di Aula SBM ITB, Jl. Ganesha No. 10 Bandung. Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 60 orang mahasiswa dan startup binaan LPIK ITB. Narasumber yang hadir dalam acara ini adalah Taupik Ismail (CEO Caterin) dan Keke Genio (CMO Lokapoin) yang merupakan tenant binaan LPIK ITB kemudian ada Teguh Rachmanto (Community Program Officer Komunitas Bukalapak) dan Hendy Fadillah (Ranger Komunitas Bukalapak Bandung). Acara dibuka oleh sambutan Dr. Ing. Eueung Mulyana, ST, M.Sc selaku Kepala Divisi Inkubator Industri dan Bisnis LPIK ITB dilanjutkan oleh penyerahan cinderamata dari tim Komunitas Bukalapak ke pihak LPIK ITB. Menurut Bapak Eueung, potensi generasi millenial dan generasi Z sangat besar sehingga perlu wadah untuk merangkul potensi tersebut dan diarahkan untuk masa depan lebih gemilang dan salah satunya adalah mengenalkan dan membina kegiatan kewirausahaan khususnya secara digital dan berbasis teknologi. 

Acara dilanjutkan dengan sesi sharing oleh Taupik Ismail dan Keke Genio, mereka membagikan pengalaman selama menjalankan usaha masing-masing dan strategi marketing serta bisnis yang dijalankan sehingga Caterin dan Lokapoin ada di tahap sekarang yang sudah dikenal dan digunakan oleh masyarakat luas.

Pada sesi selanjutnya, Teguh Rachamanto dari Komunitas Bukalapak menjelaskan program BNBK Goes to Campus memberikan berbagai materi dan bimbingan untuk anak muda, mulai dari pengenalan tentang Bukalapak sebagai online marketplace yang bisa membantu bisnis para anak muda agar lebih maksimal, hingga cara mengoptimalisasi pemasaran barang jualan di Bukalapak. Kemudian dilanjutkan oleh Hendy Fadillah yang merupakan ranger Komunitas Bukalapak yang membagikan pengalaman awal mula menjalankan bisnis online di Bukalapak. Acara ditutup dengan sesi foto bersama di Aula SBM ITB.

 

Link dokumentasi kegiatan Bukalapak Goes to ITB dapat diakses di sini

Komentar

  • dedy fuADY

    bisa kah kampus saya untuk dapat menyelenggarakan bukalapak goes to campus? bagimana caranya?

Tinggalkan Komentar