Berita

LEMBAGA PENGEMBANGAN INOVASI DAN KEWIRAUSAHAAN (LPIK) ITB

Gandeng Start-Up ITB, MARI Luncurkan NOICE

  • 2 Jul 2018 10:18
  • Yasmin Aruni

BANDUNG, lpik.itb.ac.id - PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI) meluncurkan aplikasi NOICE di Hotel Pullman Thamrin Jakarta, Kamis (28/06/18) lalu. NOICE merupakan merupakan sebuah aplikasi multimedia yang menyediakan berbagai macam konten. Salah satu konten yang tersedia dalam aplikasi ini adalah radio streaming dari tujuh radio yang dikelola MARI. 

“Kita (MARI) ingin menjadi provider konten audio. Menurut data di Amerika, 75% penggunaan ponsel melakukan akses ke radio. NOICE tidak hanya menyediakan layanan streaming radio tapi juga penyedia konten lainnya,” ujar Erick Thohir selaku Komisaris Utama MARI dalam sambutannya. 

“Hanya dalam 24 jam pertama peluncurannya, NOICE telah berhasil meraih lebih dari 2.000 unduhan dan meraih Top 5 trending apps di Google Play,” kata Direktur Utama MARI, Adrian Syarkawie. Adrian mengatakan, peluncuran NOICE untuk memperluas jangkauan pendengar yang semula hanya dapat dinikmati melalui radio FM menjadi streaming. Hal ini pun membuat para pencinta musik berbagai genre dari berbagai belahan dunia dapat menikmati musik lewat radio streaming sekaligus berinteraksi lewat chatroom yang disediakan. Selain itu, MARI juga berbangga karena dapat memperkenalkan aplikasi yang merupakan karya anak bangsa.

NOICE sendiri merupakan aplikasi white label yang dirilis oleh SVARA, start-up ITB yang dirintis oleh Hemat Dwi Nuryanto, Dr. Ismail Rahim, Farid Fadhil Habibi, dan Muhammad Irfan. SVARA bergerak di bidang penyediaan audio digital platform yang bertujuan untuk melakukan modernisasi siaran on air dan memonetisasi siaran online di industri radio melalui radio digital transformation. 

Beberapa teknologi yang telah diterapkan SVARA adalah Recommendation System & Machine Learning, Big Data Analytics, serta Programmatic Audio Advertising. Teknologi lanjutan yang sedang dikembangkan adalah penerapan blockchain pada musik, voice computing & deep learning, dan implementasi SVARA pada smart device seperti smart speaker dan connected car. SVARA merupakan start-up binaan Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) - ITB, inkubator bisnis yang fokus mengembangkan start-up berbasis teknologi dari Institut Teknologi Bandung. 

NOICE dan SVARA dapat diunduh di Play Store maupun App Store. 

Komentar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar