Lima Start-Up Binaan LPIK-ITB Menangkan Pendanaan Kemenristekdikti

3 Apr 2018 09:47

Admin LPiK

BANDUNG, lpik.itb.ac.id - Program insentif Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) merupakan program yang dikelola oleh Direktorat Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi pada Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Program ini ditujukan untuk menumbuhkembangkan kewirausahaan yang berbasis teknologi. Program PPBT diwujudkan dalam bentuk instrumen kegiatan berupa pendanaan, pelatihan, dan asistensi bagi inkubator dan tenant (perusahaan pemula) yang dilaksanakan melalui sistem kompetisi/seleksi. 

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada PPBT tahun 2018 kali ini, tenant dan inkubator melewati seleksi masing-masing. Tahapan seleksi yang dilalui oleh peserta adalah seleksi administrasi, desk evaluation, seleksi presentasi, fact finding, dan workshop penetapan anggaran dan rencana aksi. Sebanyak lima start-up binaan LPIK berhasil memenangkan program ini. Kelima start-up tersebut adalah; A.B.D.I. (chatbot berbasis kecerdasan tiruan), Bio-N Oils (produk kesehatan dan kecantikan alami berbahan dasar propolis), CLOID (bahan baku cairan untuk persiapan elektroplating through hole PCB), OzoneCare (generator ozon untuk membersihkan bahan pangan rumah tangga), dan Conventory (sistem ERP yang berfokus membantu perusahaan atau pengusaha untuk memanajemen inventori dan supply chain).

Proses seleksi PPBT 2018 sudah dimulai sejak akhir tahun 2017, dengan durasi kontrak selama 8 bulan, dimulai bulan April hingga November. Selain mendapatkan bantuan pendanaan yang dapat digunakan sebagai dana operasional, modal produksi, pemasaran, dan kegiatan pendukung lainnya, para start-up akan didampingi oleh inkubator dalam pengembangan bisnis dan produk. Total pendanaan yang diterima setiap tim berkisar antara 200-300 juta setiap tahunnya.

LPIK telah berpartisipasi pada program PPBT sejak tahun 2015 silam, dan hingga saat ini sebanyak total 14 proposal telah didanai, dengan total start-up sejumlah 10 tim. Program ini merupakan program pendanaan tahun tunggal dengan maksimum dua tahun pendanaan. Informasi lebih lanjut mengenai PPBT untuk tahun 2019 dapat ditemukan di ppbt.ristekdikti.go.id/ibt mulai akhir tahun 2018.