Menyebarkan Mindset Kewirausahaan, LPIK Gelar Workshop untuk Dosen, Tendik dan Staf

5 Sep 2018 10:16

Cytra Ria A

Bandung, lpik.itb.ac.id - Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirauasahaan (LPIK) ITB merupakan lembaga di bawah Wakil Rektor bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan yang menangani hilirisasi inovasi di ITB serta wadah pengembangan kewirausahaan untuk civitas akademika ITB. Sebagai fungsinya, Sekretaris bidang Kewirausahaan memiliki program dalam menciptakan ekosistem kewirausahaan di ITB tidak hanya di kalangan mahasiswa tetapi juga selaras di kalangan dosen, tenaga kependidikan dan staf.

Selasa (28/8) bertempat di Hotel Grandia, LPIK ITB mengadakan Workshop Kewirausahaan untuk Dosen, Tenaga Kependidikan dan Staf Institut Teknologi Bandung. Kegiatan ini merupakan kegiatan workshop pertama setelah kick off sosialisasi kewirausahaan dosen di tahun 2017. 

"Dengan berlangsungnya kegiatan ini, semoga para dosen, tendik dan staf mengenal dan memiliki pengetahuan dasar untuk berwirausaha dan menyebarkan semangat berwirausaha di lingkungan kerja sekitar untuk menguatkan fondasi terwujudnya cita-cita menjadikan ITB sebagai Entrepreneurial University dan semoga kedepannya juga dapat dihadirkan praktisi-praktisi startup sebagai inspirator" ucap Prof. Dr. Ir. Bambang Riyanto Trilaksono selaku Wakil Rektor bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan dalam sambutannya.

Selaras dengan harapan yang dilontarkan WRRIM, Dr. Rukman Hertadi selaku Wakil Ketua LPIK juga menambahkan mengenai harapan dan tugas yang diamanahkan kepada LPIK untuk membantu meningkatkan hilirisasi produk inovasi dari kampus ITB. Kemudian Ibu Santi Novani sebagai Sekretaris bidang Kewirausahan sekaligus ketua pelaksana Workshop memberikan paparan mengenai background dan fasilitas serta hal-hal yang telah dikerjakan oleh LPIK dalam menunjang hilirisasi produk inovasi inventor dan startup ITB.

Para pembicara yang diundang dalam kegiatan ini adalah Ahmad Danu Prasetyo, ST, MSM, Ph.D (dosen SBM ITB), Isti Raafaldini Mirzanti, S.Si, MM (dosen SBM ITB) dan Yunieta Anny Nainggolan, Ph.D (Mentor LPIK dan dosen SBM). Pada kesempatan tersebut, para pembicara memberikan paparan mengenai Primary Market Research (PMR), Business Model Canvas serta Analisis Finansial Dasar. 

Pada sesi akhir, para peserta secara berkelompok diberikan kesempatan untuk mempraktekkan langsung membuat busines model canvas dan mempresentasikannya di hadapan seluruh peserta dan pembicara.