Berita

LEMBAGA PENGEMBANGAN INOVASI DAN KEWIRAUSAHAAN (LPIK) ITB

Peletakan Batu Pertama Resmikan Pembangunan ITB Innovation Park

  • 25 Apr 2018 11:42
  • Cytra Ria A

BANDUNG, lpik.itb.ac.id – Selasa (24/04/18) bertempat di pelataran lahan ITB Innovation Park, berlangsung acara peletakan batu pertama pembangunan Innovation Park tersebut. Acara ini dihadiri oleh Rektor ITB, Prof. Kadarsyah Suryadi, DEA; Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin; Chief of Corporate Communication, Social Responsibility and Security PT. Astra International, Pongki Pamungkas; Kepala Bappeda Litbang, Heri Antasari; dan Direktur Kawasan Sains Teknologi dan Lembaga Penunjang Lainnya Dirjen Kelembagaan IPTEKDIKTI, Lukito Hasta.

Diawali dengan makan siang bersama, acara dilanjutkan dengan pemberian sambutan dari masing-masing pihak terkait. Rektor ITB, Prof. Kadarsyah Suryadi, DEA mengatakan bahwa dari hasil benchmarking di universitas-universitas lain di berbagai negara, innovation park dapat dibangun dari hasil kolaborasi antara pemerintah daerah, pemerintah pusat, industri terkait, dan akademisi. Tak berbeda dengan yang dilakukan saat ini, ITB Innovation Park pun dapat terwujud dari hasil kerjasama antara Akademisi (ITB), Industri (Astra dan Sinar Mas), Pemda Kota Bandung, dan Pemerintah pusat yang diwakili melalui KEMENRISTEKDIKTI. Sinergi yang dihasilkan diharapkan dapat memperlancar pembangunan ITB Innovation Park baik secara fisik, administrasi, dan segala aspek teknis yang akan dilakukan.

Sejalan dengan komentar dari Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin mengatakan, “Project pembangunan ini sejalan dengan komitmen Sinar Mas dalam pengembangan bidang pendidikan tinggi, riset, dan penelitian”. Harapannya, dengan adanya fasilitas yang dibangun, inovasi berbasis teknologi yang dihasilkan selaras dengan kebutuhan industri yang sebenarnya.

You don’t build a business, you build people then people build the business," ujar Pongki Pamungkas mengutip ucapan seorang motivator Amerika, Zig Ziglar.

Setelah sambutan dari perwakilan Pemda dan Kemenristekdiksi, kelima pembicara secara bersama-sama pembunyikan sirene kemudian melakukan penanaman batu pertama pembangunan ITB Innovation Park.

Diharapkan, pekerjaan pembangunan ITB Innovation Park ini akan selesai pada awal tahun 2019 dan akan dibangun di Jalan Ganesha No. 15 F, bersebelahan dengan Kantor Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) yang ditunjuk ITB sebagai pengelola ITB Innovation Park, berdasarkan SK Rektor No. 277/SK/I1.A/OT/2017.

Pengembangan ITB Innovation Park kawasan Ganesha, diawali dengan penyusunan Detailed Engineering Design (DED) pada tahun 2017 yang didanai oleh Kemenristedikti melalui Direktorat Kawasan Sains dan Teknologi dan Kawasan Penunjang Lainnya. Mengusung konsep green building, bangunan 4 lantai dengan luas lebih dari 3000 meter persegi ini bertujuan mempercepat hilirisasi dan komersialisasi produk inovasi, mewadahi interaksi antara pakar, entrepreneur dan industri yang tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh civitas academica ITB, melainkan juga oleh masyarakat.

Komentar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar