Berita

LEMBAGA PENGEMBANGAN INOVASI DAN KEWIRAUSAHAAN (LPIK) ITB

Dukung Qudrupel Helix pada Klaster Energi, Lingkungan dan Teknologi Transportasi, LPIK Gelar FGD dan Business Gathering

  • 26 Aug 2019 15:43
  • Cytra Ria A

Bandung, lpik.itb.ac.id - Rabu (21/8) melalui divisi Teknopark, Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan kembali menyelenggarakan FGD dan Business Gathering. Mengusung tema yang sama yaitu "Tranfer Teknologi sebagai Fungsi untuk Memperkuat Ekosistem pada Innovation Park", kegiatan kali kedua ini diperuntukkan untuk klaster di bidang Energi, Lingkungan dan Teknologi Transportasi.

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari Prof. Dr. Ir. Bambang Riyanto Trilaksono selaku Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan, Ir. Kemal Prihatman, M.Eng selaku Direktur KST Kemenristekdikti dan Dr. Leo Aldianto selaku Ketua Divisi Teknopark LPIK ITB.

"Selama 4 tahun terakhir, STP fokus pada pembangunan infrastruktur, mulai saat ini berfokus pada pengembangan kelembagaan. ITB salah satu STP dengan maturitas madya diharapkan pengelolanya dapat melakukan kolaborasi dengan instansi lain melalui kegiatan ini", ucap Kemal. Menurut penuturannya, kendala hilirisasi teknologi saat ini adalah inovasi yang ditawarkan masih lemah TRL, sulit mengembangkan partnership untuk meningkatkan produk dan pengelola masih kesulitan untuk menarik anchor industry, kolaborasi pemerintah daerah dan industri yang belum optimal dan minim inovasi yang dihasilkan oleh tenant.

FGD dan Business Gathering ini turut mengundang para inventor dan industri sebagai pembicara untuk menyampaikan pandangan masing-masing terhadap kolaborasi riset yang berpotensi akan dilakukan bersama, skema kerja sama riset dengan industri, bidang riset yang dilakukan serta kendala dan harapan untuk peluang kolaborasi di masa mendatang.

Para inventor bidang Energi, Lingkungan dan Teknologi Transportasi yang diundang diwakili oleh Dr.Eng. R. Bagus Endar Bachtiar N. (FMIPA), Dr.Ir. Hilwadi Hindersah (STEI), Prof.Dr.Ir. Pekik Argo Dahono (STEI), Prof.Ir. Puji Lestari Ph.D. (FTSL), Dr.Ir. Agus Purwadi MT (STEI), Yunendar Aryo Handoko ST,Ph.D. (FTMD). Untuk industri yang hadir sebagai pembicara datang dari PT. Elnusa, PT. LEN, PT. Toyota Motor Manufacture.

Materi dan Dokumentasi untuk kegiatan ini dapat diunduh dengan mengakses laman ini

Komentar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar