ITB CEO NET x Technopreneurship Festival 2018: Orchestrating Innovation Ecosystem Melalui Kawasan Sains dan Teknologi/Science Technology Park (KST/STP)

13 Sep 2018 09:41

Cytra Ria A

Bandung, lpik.itb.ac.id - ITB mewacanakan Pengembangan dan Kawasan Sains dan Teknologi/Science Technology Park (KST/STP) sebagai sebuah ekosistem inovasi. Untuk menjadi sebuah ekosistem, keterlibatan pemangku kepentingan menjadi sangat penting.

Untuk menjadikan KST/STP sebagai ekosistem inovasi, para pemangku kepentingan harus memahami peran masing-masing dan meletakkan pada posisi yang tepat sehingga menghasilkan sinergi inovasi.

Kolaborasi pemangku kepentingan inovasi akan mendorong pertukaran pengetahuan. Hal ini dapat menjadi mesin inovasi dan penggerak ekonomi bangsa.

Kesadaran untuk melakukan kolaborasi antara Industri dan Perguruan Tinggi telah tebangun pada kedua belah pihak, namun dalam upaya untuk melakukan realisasi kolaborasi tersebut dihadapi oleh tantangan-tantangan yang tidak mudah. Komunikasi antara industri dan perguruan tinggi menjadi salah satu pembatas untuk menuju keberhasilan kolaborasi yang menghasilkan inovasi.

Rumusan dan formula kolaborasi tentu perlu disepakati bersama serta dapat dilakukan identifikasi hambatan agar kolaborasi di masa depan dapat terjalin dengan baik.

Mendefinisikan bentuk-bentuk kerja sama dan berbagi peran untuk menghasilkan inovasi yang memberikan keuntungan kedua pihak, nampaknya menjadi permasalahan yang harus diidentifikasi dan dirumuskan bersama.

Kesamaan visi dan tujuan dalam pelaksanaan kolaborasi menjadi tahap pertama yang harus disepakati. Variabel-variabel lain yang dirumuskan berikutnya dengan memperhatikan kepentingan dan kesepahaman kedua pihak.

Untuk mewujudkan kolaborasi antar pemangku kepentingan inovasi maka dimunculkan ide KST/STP sebagai penggerak ekosistem inovasi sehingga menegaskan pembagian peran masing-maisng pemangku kepentingan.

Tidak melupakan peran dari perusahaan-perusahaan rintisan, LPIK ITB kembali menggelar kegiatan ITB CEO NET & Technopreneurship Festival 2018 "Orchestrating Innovation Ecosystem Melalui Kawasan Sains dan Teknologi/Science Technology Park (KST/STP) sebagai wadah para pemangku kepentingan menciptakan model kolaborasi inovasi dalam ekosistem inovasi secara nasional dan internasional. Kegiatan tersebut akan diselanggarakan pada:

Hari/Tanggal       : Selasa, 18 September 2018
Pukul                 : 07.45 - Selesai
Tempat              : Aula Barat dan Aula Timur, Institut Teknologi Bandung

Kegiatan ini bersifat terbuka untuk umum dan tidak dipungut biasa. Registrasi online dapat dengan mengisi formulir pada tautan (link) berikut http://bit.ly/ITB-CEO-FEST18 Informasi lebih lanjut dapat mengubungi Tanti (0812 1418 4058) atau Indri (0856 2423 0138)