Komposisi Ekstrak Etanol Jahe (Zingiber Officinale) Dan Ekstrak Etanol Mengkudu (Morinda Citrifolia) Sebagai Antituberkulosis.

Jan 17, 2016 Admin
Judul Penelitian Komposisi Ekstrak Etanol Jahe (Zingiber Officinale) Dan Ekstrak Etanol Mengkudu (Morinda Citrifolia) Sebagai Antituberkulosis.
Nama Inventor Prof. Dr. Elin Yulinah Sukandar, Apt.
Email elin@fa.itb.ac.id
Kontak 0
Anggota Peneliti -
Kelompok Keahlian Farmakologi-Farmasi Klinik
Tahun Penelitian 2006
Status Penelitian Tersertifikasi
Tuberkulosis (TB) paru merupakan masalah dunia, WHO memperkirakan sepertiga penduduk dunia terinfeksi Mycobacterium tuberculosis. Indonesia merupakan negara yang penduduknya terinfeksi tuberkulosis dengan urutan kelima setelah Cina India, Afrika Selatan dan Nigeria. Resistensi Mycobacterium tuberculosis terhadap obat standar antituberkulosis seperti iso nicotinic hidrazid (INH) atau disebut isoniazid, etambutol, rifampisin, pirazinamid dan streptomisin berkembang pesat dan dikenal Mycobacterium tuberculosis yang resisten terhadap beberapa obat standar (multi drug resistance), hal ini dapat menggagalkan pengobatan TB yang mengancam kehidupan. Untuk menanggulangi tidak efektifnya obat standar diperlukan obat alternatif dari tumbuhan sebagai obat tambahan (ajuvan) atau sebagai pengganti obat kimia. Invensi ini berupa obat yang berupa komposisi ekstrak etanol jahe (Zingiber officinale) dan ekstrak etanol mengkudu (Morinda citrifolia) untuk antituberkulosis, yang tidak toksik dan mempunyai efek mematikan terhadap Mycobacterium tuberculosis galur resisten terhadap obat-obat antituberkulosis standar seperti tersebut di atas dan galur peka. Bidang Aplikasi : Industri farmasi yang memproduksi obat-obatan. Status Kepemilikan Paten : Kepemilikan ITB Tahap Pengembangan : Sudah diproduksi oleh PT. Soho untuk kategori Jamu sambil melengkapi uji klinis pada manusia. Saat ini sudah melewati tahap uji klinis dan siap diproduksi untuk kategori obat fitofarmaka atau sekurang-kurangnya sebagai herbal terstandar.
  • -

© LPIK ITB | Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan. Peta Situs