Innovation Park

Apr 20, 2017 Admin

Innovation Park ini dirancang untuk melayani usaha tahap awal dalam berbagai tahap pengembangan, termasuk usaha dengan aplikasi komersial yang diharapkan dari penelitian-penelitian di ITB . Innovation Park mencakup aktivitas riset dan aktivitas bisnis dalam suatu kawasan komersial yang juga didukung fasilitas-fasilitas pendukung . Inovasi teknologi mencakup rangkaian aktivitas dari pengetahuan teknik meliputi ide, pengetahuan, dan teknologi yang diterjemahkan melalui suatu transformasi menjadi sebuah produk sebagai realita fisik dan memiliki daya guna bagi masyarakat. Kolaborasi dengan berbagai pihak akan sangat membantu dalam mengidentifikasi dan melihat peluang inovasi yang muncul dari penelitian-penelitian di perguruan tinggi. Innovation Park memiliki peran dalam menguhubungan berbagai kepentingan untuk mendukung proses inovasi yang berbasis pengetahuan. Berbagai pihak yang merupakan pemangku kepentingan dari pengembangan inovasi adalah : akademisi, industri, pemerintah dan masyarakat.

 

Rhonda Philipis mendefinsikan research/science/technology park secara umum mencakup 3 komponen yaitu :

1.     Pengembangan real astate

2.     Program pengembangan transfer teknologi

3.     Partneship antara institusi akademik, pemerintah dan sektor swasta.

 

Integrasi yang terwujud antara kegiatan penelitian yang dilakukan oleh perguruan tinggi dan lembaga penelitian dengan kegiatan bisnis yang dilakukan oleh pelaku usaha/industri dalam suatu innovation park, dapat memberikan dampak akumulasi dan dampak lokasi. Dampak akumulasi yang terjadi yaitu integrasi yang mendorong pada terjadinya akumulasi modal baik berupa fisik maupun sumber daya manusia. Dengan demikian akumulasi yang terjadi dapat mempermudah suatu usaha untuk beroperasi dengan lebih efisien, dimana efisiensi menciptakan iklim yang kondusif untuk penambahan investasi. Selain itu, integrasi juga memberikan kemudahan mobilitas faktor produksi atau mempermudah suplai faktor produksi. Sedangkan terkait dengan dampak lokasi, integrasi ekonomi mendorong pada upaya melakukan spesialisasi produksi barang atau jasa yang sesuai dengan keunggulan komparatif (comparative advantage). Integrasi juga dapat mendorong terjadinya aglomerasi, dimana aktivitas ekonomi tertentu berkumpul pada suatu wilayah.

 

Beberapa manfaat sosial ekonomi dari suatu innovation park antara lain sebagai berikut:

  • Innovation park berperan untuk mendorong perkembangan industri berbasis teknologi tinggi
  • Keberadaan innovation park akanmempengaruhi daerah sekitarnya menjadi koridor berbasis teknologi tinggi
  • Innovation park dapat menciptakan lapangan pekerjaan
  • Keberadaan innovation park meningkatkan nilai lahan di sekitar kawasan
  • Menumbuhkan kegiatan perekonomian wilayah
  • Penghela kemajuan ekonomi regional dan nasional

 

Innovation Park merupakan sebuah wahana untuk mendukung perkonomian berbasis pengetahuan dan membina pengembangan teknologi yang berbasis pada perkembangan kebutuhan pasar. Sejalan dengan hal tersebut, innovation park berperan sebagai wadah yang menjembatani antara dunia pendidikan (terutama perguruan tinggi) dan dunia bisnis, atau dengan kata lain mengikat berbagai kegiatan penelitian dengan lingkungan industri. Innovation park menjadi badan yang mengelola transfer teknologi dari perguruan tinggi ke industri sehingga dapat mengatasi gap diantara keduanya.

 

Perguruan tinggi memiliki lembaga penelitian, berbagai program studi, serta civitas akademika yang terdiri dari dosen dan mahasiswa. Perguruan tinggi menjadi tempat bagi civitas akademika untuk mengembangkan pengetahuannya dan menciptakan inovasi yang memiliki manfaat besar bagi masyarakat. Selain itu, perguruan tinggi juga menghasilkan lulusan yang kemudian dapat bekerja pada suatu perusahaan atau menjadi seorang entrepreneur/ wirausaha. Dengan demikian, perguruan tinggi merupakan sumber inovasi sekaligus penghasil sumber daya manusia yang berkualitas. Di lain pihak, industri memiliki kegiatan bisnis yang membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dan inovasi. Industri memiliki sumber daya berupa modal dan pengetahuan tentang kebutuhan pasar yang sangat bermanfaat untuk komersialisasi hasil-hasil penelitian. Dengan demikian interaksi antara perguruan tinggi dan industri menciptakan kerjasama yang mutual benefit.

 

Sebagai arena yang mempertemukan aktor inovasi, baik dari kalangan akademisi maupun kalangan bisnis, kegiatan yang dilakukan di dalam innovation park harus dapat mengakomodasi berbagai kebutuhan serta dapat memberikan keuntungan bagi aktor-aktor yang terlibat. Bagi para akademisi atau peneliti, innovation park dituntut mampumemfasilitasi harapan mereka untuk dapat mengaplikasikan ilmunya. Dengan demikian insentif non finansial merupakan hal yang dianggap penting bagi para pelaku penelitian. Sedangkan bagi kalangan bisnis atau industri, innovation park menjadi basis untuk dapat mengembangkan produk agar memiliki nilai jual dan mampu bersaing di pasaran. Oleh karena itu, dukungan insentif fiskal dan insentif legal menjadi sesuatu yang penting bagi kalangan bisnis. Salah satu bentuk insentif untuk kalangan bisnis misalnya perlindungan atau jaminan legal dari hasil yang dikembangkan di innovation park. Terkait dengan insentif tersebut, diperlukan keterlibatan pemerintah sebagai pelaku regulasi dalam innovation park. Adapun bagi usaha mula (start-up enterprises), innovation park berperan sebagai mediator yang memberikan kemudahan akses ke iptek, memberikan jasa pelatihan teknikal, kemudahan akses ke sumber finansial, memberikan perlindungan legal, dan kemudahan akses ke pasar. Secara keseluruhan, innovation park memfasilitasi dan memberikan dukungan bagi start-up enterprises untuk dapat meningkatkan kapasitasnya dalam bersaing di pasar bisnis.

 


Ganesha

Image 3

Kawasan ITB Ganesha merupakan kawasan yang mapan secara ekonomi dan kegiatan dalam bidang penelitian dan inovasi, dan merupakan salah satu kawasan yang dikenal sebagai kawasan pendidikan di Kota Bandung, Ketersediaan lahan masih tersedia meskipun…

  Ganesha

Gedebage

Image 3

1. Pendahuluan

Bandung Tekno Polis sebagai kawasan yang diusulkan menjadi salah satu lokasi innovation park. Lokasi di kawasan Gede Bage Bandung tersebut dipilih berdasarkan kesesuaiannya dengan tata ruang dan tingkat aksesibilitasnya…

  Gedebage

© LPIK ITB | Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan. Peta Situs