Divisi

Jan 17, 2016 Admin

Pengembangan kewirausahaan di perguruan tinggi bertujuan untuk melahirkan pelaku usaha baru yang berpendidikan, generasi pencipta lapangan kerja maupun dalam rangka proses komersialisasi hasil-hasil penelitian. Perguruan Tinggi memiliki hasil-hasil penelitian dan orang-orang yang sangat kompeten dalam bidangnya. Namun, sebuah kenyataan bahwa sangat sedikit luaran (output) dari Perguruan Tinggi yang bermanfaat langsung bagi masyarakat. Perguruan Tinggi memerlukan strategi untuk mendorong kewirausahaan secara mandiri. Oleh karena itu, LPIK ITB melakukan salah satu upaya, yaitu dengan membuka peluang kerja sama dengan berbagai pihak untuk mendukung pengembangan wirausaha baru dengan membentuk Divisi Pengembangan dan Kewirausahaan. 

PROGRAM DARI DIVISI PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN

  1. Program Pendidikan dan Networking
  2. Seminar, workshops, dan pameran kewirausahaan.
  3. Program kewirausahaan dengan UKM
  4. Business Coaching and Consultancy
  5. Post-graduate fellowships

Divisi Inkubator Industri Bisnis

Inkubator bisnis memiliki peran dalam membantu keberhasilan usaha-usaha baru. Konsep ini sangat relevan untuk diimplementasikan di Indonesia. Karena itu arah dan pengembangan inkubator bisnis ditujukan untuk membantu pelaku usaha baru dan pelaku usaha lama yang memiliki usulan produk dan jasa yang baru. Pengembangan inkubator bisnis secara praktis mendorong penciptaan dan membantu pertumbuhan usaha baru secara khusus berkaitan dengan tema-tema inovasi dari suatu produk. Pengembangan inkubator bisnis di perguruan tinggi memiliki sasaran dalam membantu proses komersialisasi produk-produk penelitian di perguruan tinggi yaitu membangun usaha baru yang berasal dari hasil penelitian dan mendorong mahasiswa dan alumni untuk menjadi pelaku usaha. Konsep pengembangan inkubator bisnis harus dibedakan dengan konsep-konsep pengembangan startup pada umumnya. Inkubator bisnis memiliki fokus pada startup yang memiliki kandungan inovasi yang tinggi sebagai  karakteristik nilai tambah dari produk atau jasa yang dihasilkan. Pelaku usaha yang menjadi target inkubator bisnis harus dirumuskan secara jelas meliputi produk, anggota tim manajemen, jenis usaha, tingkat pendidikan para pelaku. Pendirian inkubator bisnis oleh Institut Teknologi Bandung dilandaskan pada kebutuhan untuk mendorong komersialisasi hasil-hasil riset yang telah dihasilkan oleh staf akademik dan atau mahasiswa dengan harapan hasil riset dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.



Program DIVISI INKUBATOR INDUSTRI DAN BISNIS:

  1. Pengembangan startup companies
  2. Sosialisasi dan promosi inovasi ITB
  3. Perencanaan bisnis
  4. Kemitraan Usaha

Program-program Divisi Kekayaan Intelektual:

  1. Pendataan Inovasi ITB
  2. Solusi dan Konsultasi Hak Kekayaan Intelektual
  3. Training dan Penelusuran Informasi  Hak Kekayaan Intelektual/ Paten
  4. Pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual
  5. Lisensi Hak Kekayaan Intelektual/ Teknologi ITB
  6. Pengembangan Ketentuan dan Aturan Hak Kekayaan Intelektual untuk ITB

Innovation Park ini dirancang untuk melayani usaha tahap awal dalam berbagai tahap pengembangan, termasuk usaha dengan aplikasi komersial yang diharapkan dari penelitian-penelitian di ITB . Innovation Park mencakup aktivitas riset dan aktivitas bisnis dalam suatu kawasan komersial yang juga didukung fasilitas-fasilitas pendukung . Inovasi teknologi mencakup rangkaian aktivitas dari pengetahuan teknik meliputi ide, pengetahuan, dan teknologi yang diterjemahkan melalui suatu transformasi menjadi sebuah produk sebagai realita fisik dan memiliki daya guna bagi masyarakat. Kolaborasi dengan berbagai pihak akan sangat membantu dalam mengidentifikasi dan melihat peluang inovasi yang muncul dari penelitian-penelitian di perguruan tinggi. Innovation Park memiliki peran dalam menguhubungan berbagai kepentingan untuk mendukung proses inovasi yang berbasis pengetahuan. Berbagai pihak yang merupakan pemangku kepentingan dari pengembangan inovasi adalah : akademisi, industri, pemerintah dan masyarakat.

Program dari Divisi Teknopark:

  1. Identifikasi Potensi Industri
  2. Pengembangan Program Jejaring dan Ekosistem Industri
  3. Galeri Inovasi ITB

© LPIK ITB | Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan. Peta Situs