Program Divisi

LEMBAGA PENGEMBANGAN INOVASI DAN KEWIRAUSAHAAN (LPIK) ITB

Inkubator

Inkubator Industri dan Bisnis

Inkubator bisnis memiliki peran dalam membantu keberhasilan usaha-usaha baru. Konsep ini sangat relevan untuk diimplementasikan di Indonesia. Karena itu arah dan pengembangan inkubator bisnis ditujukan untuk membantu pelaku usaha baru dan pelaku usaha lama yang memiliki usulan produk dan jasa yang baru. Pengembangan inkubator bisnis secara praktis mendorong penciptaan dan membantu pertumbuhan usaha baru secara khusus berkaitan dengan tema-tema inovasi dari suatu produk.

Pengembangan inkubator bisnis di perguruan tinggi memiliki sasaran dalam membantu proses komersialisasi produk-produk penelitian di perguruan tinggi yaitu membangun usaha baru yang berasal dari hasil penelitian dan mendorong mahasiswa dan alumni untuk menjadi pelaku usaha. Konsep pengembangan inkubator bisnis harus dibedakan dengan konsep-konsep pengembangan startup pada umumnya.

Inkubator bisnis memiliki fokus pada startup yang memiliki kandungan inovasi yang tinggi sebagai karakteristik nilai tambah dari produk atau jasa yang dihasilkan. Pelaku usaha yang menjadi target inkubator bisnis harus dirumuskan secara jelas meliputi produk, anggota tim manajemen, jenis usaha, tingkat pendidikan para pelaku. Pendirian inkubator bisnis oleh Institut Teknologi Bandung dilandaskan pada kebutuhan untuk mendorong komersialisasi hasil-hasil riset yang telah dihasilkan oleh staf akademik dan atau mahasiswa dengan harapan hasil riset dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Kontak

  • Nama: Dr.-Ing. Eueung Mulyana MSc
  • Email: eueung@stei.itb.ac.id
  • Telp.: +62 22 2501006
  • Faks: +62 22 2533639

Galeri

Tidak terdapat galeri