Program Divisi

LEMBAGA PENGEMBANGAN INOVASI DAN KEWIRAUSAHAAN (LPIK) ITB

ITB Innovation Park

ITB Innovation Park

ITB Innovation Park ini dirancang untuk melayani usaha tahap awal dalam berbagai tahap pengembangan, termasuk usaha dengan aplikasi komersial yang diharapkan dari penelitian-penelitian di ITB .

ITB Innovation Park mencakup aktivitas riset dan aktivitas bisnis dalam suatu kawasan komersial yang juga didukung fasilitas-fasilitas pendukung . Inovasi teknologi mencakup rangkaian aktivitas dari pengetahuan teknik meliputi ide, pengetahuan, dan teknologi yang diterjemahkan melalui suatu transformasi menjadi sebuah produk sebagai realita fisik dan memiliki daya guna bagi masyarakat.

Kolaborasi dengan berbagai pihak akan sangat membantu dalam mengidentifikasi dan melihat peluang inovasi yang muncul dari penelitian-penelitian di perguruan tinggi. Innovation Park memiliki peran dalam menguhubungan berbagai kepentingan untuk mendukung proses inovasi yang berbasis pengetahuan. Berbagai pihak yang merupakan pemangku kepentingan dari pengembangan inovasi adalah: akademisi, industri, pemerintah dan masyarakat.

Untuk saat ini ITB akan mengembangkan Innovation Park pada dua lokasi, yaitu:

  • Kawasan Ganesha
  • Kawasan Gedebage

Pengembangan ITB Innovation Park kawasan Ganesha, di awali dengan pembuatan Detail Engineering Design (DED) pada tahun 2017 yang merupakan kontribusi dari KEMENRISTEKDIKTI melalui direktorat kawasan Sains dan Teknologi dan kawasan penunjang lainnya. Pembangunan fisik bangunan berasal dari pihak swasta yaitu Sinar Mas dan PT. Astra International  dan pada tanggal 24 april 2018 telah dilakukan ceremony peletakan batu pertama.

Sementara Pengembangan ITB Innovation Park kawasan Gedebage yang sebelumnya telah dilakukan pembuatan Detail Engineering Design (DED) yang juga merupakan kontribusi dari KEMENRISTEKDIKTI melalui Direktorat Kawasan Sains dan Teknologi dan Kawasan Penunjang Lainnya pada tahun 2017. Saat ini berada dalam tahap Fund Raising untuk pembangunan fisik gedung. Lahan ITB Innovation Park Gedebage ini merupakan hibah dari swasta yaitu Summarecon Bandung.

Selain pembangunan fisik gedung, pengembangan ITB Innovation Park juga dilakukan human-ware development untuk pengelola ITB Innovation Park melalui kegiatan capacity building pada tahun 2017 yang di fasilitasi oleh KEMENRISTEKDIKTI.

Kontak

  • Nama: Dr. Leo Aldianto
  • Email: leo.aldianto@sbm-itb.ac.id
  • Telp.: +62 22 2501006
  • Faks: +62 22 2533639

Galeri

Tidak terdapat galeri